Mohon tunggu...
Meita Farida
Meita Farida Mohon Tunggu... Freelancer - tutor sains dan penulis freelance

tutor sains yang tertarik dengan dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Sajian Kuliner Lezat di Tengah Serunya Berkendara Jelajah Desa

12 November 2022   15:26 Diperbarui: 12 November 2022   15:28 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Adobe Stock #405314777

Dua puluh empat tahun lalu, saat saya masih duduk di sekolah dasar saya sering ikut nenek saya ke kebun, saat orang dewasa bekerja saya sibuk bermain boneka menggunakan jagung, di imajinasi saya jagung adalah boneka barbie dengan rambut berwarna merah atau kuning. Kegiatan ikut ke kebun selalu terasa menyenangkan, apalagi saat waktu makan tiba, setelah lelah karena berjalan jauh rasanya nikmat sekali makan nasi liwet dadakan yang lezat dan juga masih hangat dengan ikan asin, lalapan dan sambal di tengah kebun yang sejuk.

Saya sering merindukan suasana makan di kebun, sayangnya kebun di daerah saya sudah banyak yang beralih fungsi termasuk kebun nenek saya. Tapi saya jadi bersemangat bisa mengulang lagi nikmatnya makan di alam terbuka dengan pemandangan yang menyejukkan mata saat tahu ada desa wisata. Iya, saya baru tahu tentang desa wisata, kemana saja ya, hehe. Setelah mencari info lebih lanjut tentang desa wisata saya menemukan Jadesta atau Jejaring Desa Wisata. Jadesta merupakan wadah informasi serta arah pengembangan desa wisata di Nusantara. 

Desa wisata menjadi program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya,  mengatasi pengangguran, menghapus kemiskinan, serta memajukan kebudayaan. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut diperlukan kerja sama semua pihak. Salah satu pihak yang turut serta berperan aktif yaitu Adira Finance.

PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) berkolaborasi dan bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) mengadakan Festival Kreatif Lokal (FKL) di beberapa desa wisata. 

Festival Kreatif Lokal (FKL) merupakan salah satu bagian dari Program CSR Tahunan Adira Finance yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta merayakan kepemilikan gen kreatif masyarakat Indonesia, agar pelaku kreatif bisa terus berkembang dan membawa desa wisata semakin dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara. 

Program yang terdapat pada Festival Kreatif Lokal (FKL) yaitu Desa Wisata Adira, Jelajah Desa Wisata Adira dan Festival Pasar Rakyat. Tahun 2022 merupakan tahun ke-3 Festival Kreatif Lokal diadakan dengan rangkaian kegiatan untuk komunitas motor yang berpartisipasi yaitu menikmati paket wisata yang ditawarkan di setiap desa wisata dan lomba kreasi video tentang perjalanan mereka selama kegiatan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara yang berhadiah total puluhan juta rupiah.

Desa-desa wisata yang dijelajahi selama FKL 2022 berlangsung yaitu  Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; Desa Saung Ciburial, Garut, Jawa Barat; Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali dan Desa Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sebagai desa penutupan dari rangkaian FKL 2022.

dokpri (sumber: kemenparekraf)
dokpri (sumber: kemenparekraf)

dokpri (sumber: kemenparekraf)
dokpri (sumber: kemenparekraf)

Desa-desa wisata binaan Adira Finance merupakan desa wisata yang ramah untuk berkendara dengan jalanan yang sudah beraspal, adanya penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar dan tersedia bengkel otomotif, kita bisa merasakan keseruan menjelajah dan menikmati suasana desa dengan sepeda motor atau mobil tanpa khawatir mengalami masalah pada kendaraan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun