Mohon tunggu...
Meisya AmandaAldi
Meisya AmandaAldi Mohon Tunggu... Mahasiswi

Meisya Amanda Aldi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia

3 Desember 2020   14:00 Diperbarui: 9 Januari 2021   12:17 168 0 0 Mohon Tunggu...

Penggunaan teknologi saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya teknologi masyarakat bisa mencari tahu apa saja perkembangan bahasa Indonesia. Apalagi di zaman yang serba menggunakan teknologi ini masyarakat bisa memperkenalkan bahasa Indonesia kepada warga asing. Ketika warga asing ingin ke Indonesia, warga asing bisa menggunakan teknologi sebagai media agar tidak susah untuk berkomunikasi dengan warga Indonesia.

Teknologi adalah sebuah keahlian atau hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan. Di mana pengetahuan inilah yang bisa membuat warga Indonesia untuk mengembangkan bahasa Indonesia. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini akan memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Adapun dampak positif dan negatifnya yaitu :

a. Dampak Positif

  • Meningkatkan pengetahuan bahasa Indonesia terhadap warga asing.
  • Dengan adanya teknologi, warga Indonesia bisa mengenalkan bahasa Indonesianya melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya sehingga, sosial media ini dapat dijadikan sebagai alat komunikasi antar sesama warga Indonesia bahkan warga asing juga mampu untuk mengetahui dan mempelajari bahasa Indonesia.
  • Meningkatkan produksi buku-buku terjemah bahasa Indonesia.
  • Buku-buku terjemah sangat berguna di kehidupan era modern ini, di mana kita bisa memanfaatkan  kemajuan teknologi dengan membuat e-book. Dengan adanya e-book masyarakat mampu mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar, tanpa harus menuju negara Indonesia. Oleh karena itu, agar masyarakat bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik, maka perlunya peranan dari teknologi. 
  • Bertambahnya kosakata bahasa Indonesia.
  • Pertambahan bahasa Indonesia terjadi secara cepat. Hal ini terjadi ketika dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Contoh: information menjadi informasi, technology menjadi teknologi, dan lain-lain.

b. Dampak Negatif

  • Tidak lagi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  • Dengan kemajuan teknologi terkadang warga Indonesia menggunakan bahasa Indonesia tidak baku. Apalagi dengan adanya media sosial, kaum milenial lebih sering menggunakan bahasa gaul dan jarang untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Banyak warga Indonesia menggunakan istilah asing, seperti thank you, saranghae, dan lain-lain.

Jadi, dapat dikatakan bahwa pengaruh kemajuan teknologi terhadap perkembangan bahasa Indonesia sangatlah erat, di mana bahasa Indonesia merupakan salah satu alat komunikasi yang mampu digunakan oleh masyarakat. Dengan berkembangnya teknologi masyarakat bisa mempelajari dan mengembangkan bahasa Indonesia dengan baik, sehingga bahasa Indonesia dapat diketahui oleh banyak orang melalui kemajuan teknologi.

Sumber Referensi:

Danar, 2020. Pengertian Teknologi.

Tersedia pada:

https://www.cryptowi.com/pengertian-teknologi/

Adam,  Sutisno,  2020.  Perkembangan Bahasa Indonesia pada Era Teknologi Informasi dan Komunikasi.

ristekdikti

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x