Mohon tunggu...
MEILYA WIVYANA
MEILYA WIVYANA Mohon Tunggu... Mahasiswa - ILKOM'18

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Pentingnya Olahraga Dimasa Pandemi

25 Juli 2021   02:45 Diperbarui: 25 Juli 2021   02:55 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Olahraga Dimasa Pandemi
Atletik. Sumber ilustrasi: PEXELS/Andrea Piacquadio

Arif Wicaksono dalam artikelnya yang berjudul Aktifitas Fisik yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19 yang dimuat dalam Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksa mengungkapkan bahwa, corona virus sudah ada di Indonesia semenjak bulan Maret 2020 yang berdampak bagi beberapa sektor seperti ekonomi, kesehatan dan banyak sektor. Sektor kesehatan berjuang untuk memahami, melawan dan mendapatkan pengobatan untuk penyakit ini dan menemukan fakta bahwa ada cara untuk mencegah transmisi adalah dengan tidak melakukan kontak, menjaga jarak, memakai masker, melakukan kebersihan tangan menggunakan sabun dan air mengalir, tidak berkumpul dan jika memungkinkan tetap berada di rumah. Sekarang ini virus corona sudah sangat cepat sehingga penularan yang cepat dari virus SARS Cov-2  ini  membuat  pembatasan  pergerakan  manusia  di seluruh dunia penjarakan fisik, bekerja, dan sekolah  daring  dari  rumah membawa  beberapa  konsekuensi akibat perubahan kebiasaan perilaku hidup  aktif  menjadi  lebih  santai  atau  sedentary behavior.

Dyah Ayu Woro Setyaningrum dalam artikelnya yang berjudul Pentingnya Olahraga Selama Pandemi Covid-19 yang dimuat dalam Jurnal Biomedika dan Kesehatan Vol.3, No.4 mengatakan bahwa studi pada anak usia sekolah menunjukkan peningkatan BMI  (Body  Mass  Index) terjadi secara signifikan pada  anak-anak  yang  libur  dibandingkan  mereka  pada masa sekolah. Walaupun pengaturan makan dan   olahraga   selama   sekolah   masih   dianggap   belum  ideal  namun  perbedaan  BMI  antara  masa  sekolah  dan  masa  libur  menunjukkan  pentingnya  pengaturan diet dan aktifitas fisik atau olahraga.

Saat ini karena kegiatan dilakukan dirumah banyak orang yang tidak melakukan olahaga sehingga banyak ditemukan banyak orang yang mengalami peningkatan berat badan. Data CDC (Centers for Disease Control and Prevention) 2020 menunjukkan bahwa prevalensi obesitas  pada  dewasa  meningkat.. Diperkirakan  22%   penduduk   dewasa   mengalami   kenaikan   berat  badan  selama  pandemic  Covid-19  ini. Aktivitas fisik sangat penting dan diperlukan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran kita. Adanya pandemi membuat melakukan aktivitas fisik saat pandemi menjadi tantangan. Ada salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk tetap berolahraga yaitu dengan melakukan olahraga dalam ruangan (indoor) .

Apri Agus dalam artikelnya yang berjudul Pentingnya Peran Olahraga Dalam Menjaga Kesehatan dan Kebugaran (2010) mengatakan bahwa, WHO     (World     Health     Organization) merekomendasikan  latihan  fisik  selama  150-300  menit  dengan  intensitas  sedang  atau  75-150  menit  dengan  intensitas  berat,  atau  kombinasi  diantara  keduanya  perminggu.  Olahraga  seperti  ini dapat dilakukan di rumah walau tanpa bantuan alat sekalipun, bahkan di ruangan terbatas, bukan ruang olahraga  ataupun   di   pusat   kebugaran. Dyah Ayu Woro Setyaningrum dalam artikelnya yang berjudul Pentingnya Olahraga Selama Pandemi Covid-19 yang dimuat di Jurnal Biomedikan dan Kesehatan Vol.3, No.4 (2020) mengatakan bahwa manfaat  dari  latihan  fisik  adalah  efeknya  pada  peningkatan  kadar kolesterol  HDL  dan  penurunan  trigliserid,  yang  keduanya    berakibat    pada    penurunan    resiko    penyakit  jantung  dan  pembuluh  darah.  Manfaat  ain  olahraga  yang  diperoleh  adalah  peningkatan  sensitivitas  insulin,  peningkatan  fungsi  kognitif,  peningkatan  respons  terhadap  stres  psikososial,  serta  pencegahan  depresi. Manfaat-manfaat  ini  sungguh penting di masa pandemi Covid-19 ini, karena  penurunan  risiko  penyakit  kardiovaskuler  dan metabolik tentunya akan menurunkan tingkat keparahan   dari   Covid-19   akibat   adanya   co-morbid  juga  memperbaiki  kualitas  hidup  pada  umumnya. Dyah Ayu juga mengungkapkan bahwa olahraga rutin juga bermanfaat dalam memperbaiki  kualitas  tidur  pada  usia  menengah  dan   dewasa   tua,   melindungi   tubuh   melawan   COVID-19  dengan  cara  meningkatkan  elemen-elemen   imunitas   tertentu   (khususnya   olahraga   aerobik)  yang  memicu  mobilitas  limfosit,  dan  menurunkan tingkat keparahan penyakit.

           Dapat disimpulkan bahwa olahraga merupakan sesuatu yang penting dimasa pandemic ini karena bisa memperoleh peningkatan  sensitivitas  insulin,  peningkatan  fungsi  kognitif,  peningkatan  respons  terhadap  stres  psikososial,  serta  pencegahan  depresi. Olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan sehingga tetap menjaga jarak dan terhindar dari kerumuman. Dengan olahraga aktifitas kita didalam rumah jadi lebih banyak dan menyebabkan peningkatan imun, karena dengan imun yang baik maka tubuh kita akan kuat jika ada virus yang masuk.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN