Mohon tunggu...
Mega Yulianti Hartini
Mega Yulianti Hartini Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi IAIN JEMBER Pendidikan Agama Islam A2

الحمد لله رب العا لمين

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bahan Ajar Akidah Akhlak

13 April 2021   19:12 Diperbarui: 13 April 2021   19:16 149 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mari kita simak penjelasannya berikut ini. Baik pada kesempatan ini tentunya kita akan membahas materi mengenai Bahan Ajar Akidah Akhlak

1. Pengertian Bahan Ajar

Apa sih pengertian dari bahan ajar itu sendiri? Nah, bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan oleh seorang guru atau pendidik dalam kegiatan belajar mengajar baik yang berlangsung di dalam kelas maupun di luar kelas.  Segala bentuk bahan apa yang dimaksud? Yakni bahan yang berbentuk buku ( LKS, paket), komputer, video pembelajaran, ppt dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Jadi, materi pembelajaran yang ada didalam buku, komputer, video pembelajaran, dan ppt itu yang dinamakan sebagai bahan ajar. Oleh karena itu, bahan ajar merupakan materi pembelajaran. Sedangkan alatnya tersebut ( Buku, Komputer, ppt, video pembelajaran ) dinamakan sebagai media pembelajaran dan materi yang ada didalam media tersebut dinamakan sebagai bahan ajar. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar adalah segala bentuk alat, informasi, dan materi pembelajaran yang digunakan untuk membantu seorang guru atau pendidik dalam kegiatan belajar mengajar baik itu materi tertulis maupun tidak tertulis yang berlangsung baik didalam kelas maupun diluar kelas. Materi tertulis berupa buku (lks, paket) sedangkan materi tidak tertulis berupa materi yang ada didalam video pembelajaran. 

2. Pengertian Akidah Akhlak

Nah, berbicara tentang pembelajaran akidah akhlak teman teman disini yang berasal dari madrasah tentu sudah tidak akan asing lagi dengan pembelajaran tersebut. Pembelajaran akidah akhlak biasa diajarkan baik itu tingkat di MI, MTs dan MA. Oleh karena itu siswa yang berasal dari madrasah pastinya sudah diajarkan mengenai pembelajaran akidah akhlak. Mata pelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang mana didalamnya mempelajari atau mengajarkan tentang Agama Islam yang memberikan bimbingan kepada peserta didik agar ia dapat mengetahui, memahami serta menerapkan pembelajaran akidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 

Jadi, dapat di tarik kesimpulan bahwa pembelajaran akidah akhlak merupakan upaya sadar dan terencana untuk menyiapkan peserta didik agar ia dapat mengetahui, memahami, serta merealisasikan apa yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dengan proses pembelajaran. 

3. Pentingnya Bahan Ajar

Bahan ajar menjadi hal yang sangat pentin baik bagi seorang guru maupun siswa dalam proses atau kegiatan pembelajaran. Mengapa demikian? Karena jika tidak ada bahan ajar maka guru tersebut akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran akan sulit dalam memberikan pengajaran pada peserta didiknya serta pembelajaran yang berlangsung pun menjadi kurang efektif, begitu juga dengan siswa pasti ia juga akan mengalami kesulitan untuk belajar karena ia tidak memiliki bahan untuk ia pelajari, oleh karena itu bahan ajar menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bahan ajar adalah inti dari sebuah pembelajaran sehingga bahan ajar penting sekali. Oleh karena itu, dengan adanya bahan ajar, maka dapat memudahkan seorang guru  ketika melaksakan kegiatan belajar mengajar baik dikelas ataupun diluar kelas. Serta siswa juga akan terbantu sekali dengan adanya bahan ajar. 

4. Pentingnya Pembelajaran Akidah Akhlak

Lalu, Mengapa pembelajaran akidah akhlak penting untuk kita pelajari? Karena dengan kita mempelajari akidah akhlak dapat mengajarkan kita untuk meyakini Allah Swt dan mengimani Allah Swt dengan cara mentaati perintahnya dan menjauhi laranganya. Dengan mempelajari akidah akhlak kita akan lebih banyak mengetahui tentang ajaran agama Islam serta kita juga akan diajarkan bagaimana betingkah laku yang baik, sopan, mana perilaku yang baik dan mana perilaku yang buruk sesuai dengan syariat Islam. Serta dengan memperlajari Akidah Akhlak insyaAllah tidak hanya berguna di dunia saja akan tetapi juga akan berguna di akhirat kelak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan