Mohon tunggu...
Mega Salsabila
Mega Salsabila Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Supporting Pemahaman Covid-19 Kepada Masyarakat melalui KKN Daring UNS

5 Agustus 2020   12:33 Diperbarui: 5 Agustus 2020   12:27 9 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Supporting Pemahaman Covid-19 Kepada Masyarakat melalui KKN Daring UNS
Penyebaran informasi melalui media sosial Instagram

Pada awal Maret 2020 Indonesia ditetapkan menjadi salah satu negara yang terkena COVID-19. Hal ini menyebabkan Indonesia sangat waspada dengan penyebaran virus COVID-19. Virus COVID-19 ini merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan memiliki kecepatan penularan yang sangat tinggi. Di Indonesia hingga 10 Juli 2020 sudah terdapat total 72.347 kasus COVID-19 sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Penyebaran virus yang cepat mengharuskan beberapa sektor, termasuk sektor pendidikan yang  mengharuskan pemerintah untuk menetapkan melakukan pembelajaran melalui daring, sehingga Universitas Sebelas Maret juga mengubah kegiatan Kuliah kerja Nyata (KKN) yang pada awalnya akan dilakukan oleh mahasiswa dengan berkelompok di beberapa wilayah di Indonesia menjadi KKN COVID-19 UNS. Kegiatan KKN ini merupakan wujud kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi dan dijalankan di area tempat tinggal masing -- masing  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Dengan mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19 " salah satu mahasiswa UNS Program Studi Ilmu Hukum, Mega Salsabila (E0017294) dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Rahmanu Widayat, M.Sn melaksanakan kegiatan KKN COVID-19 yang berlokasi JL. Pertanian Selatan, Klender, Duren Sawit,Jakarta Timur dengan cara memberikan edukasi tentang pemahaman dan pencegahan COVID-19 melalui media sosial Instagram dan Whatsapp grup warga, dan didukung dengan menyebakan poster dan memberikan video edukasi singkat. "Kegiatan ini sangat bagus untuk dilaksanakan, dengan diadakannya kegiatan KKN dari UNS ini, diharapkan warga masyarakat lingkungan RT 010 akan lebih mengerti tentang bahaya COVID-19, cara pencegahannya, menyangkal hoax dan juga bisa lebih memilih untuk tetap tidak keluar rumah jika bukan hal yang penting, kalaupun keluar rumah ya tetap harus mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah" ujar Ketua RT.

VIDEO PILIHAN