Mohon tunggu...
Mega Annisa Nimais
Mega Annisa Nimais Mohon Tunggu... Berbagi Tulisan

Mari menulis dan berbagi pengetahuan bersama

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peduli Covid-19, Mahasiswa UMM Edukasi Produsen Rengginang Desa Sawahan Patuhi Protokol Kesehatan

11 Agustus 2020   18:23 Diperbarui: 11 Agustus 2020   18:20 73 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Covid-19, Mahasiswa UMM Edukasi Produsen Rengginang Desa Sawahan Patuhi Protokol Kesehatan
Pemasangan Banner oleh Mahasiswa UMM/ Ariena Zulfa |Dokpri

  • |Dalam rangka kegiatan program pengabdian pada masyarakat (PMM) Mahasiswa dari UMM memberikan edukasi terhadap masyarakat desa sawahan kabupaten mojokerto. Adapun dalam rangkaian kegiatannya mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang. Menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan di kala pandemi  Covid-19.  Desa sawahan  kabupaten mojokerto, merupakan daerah  produksi   camilan rengginang. Setiap tahunnya desa ini selalu meningkat dalam permintaan  pasar di penjualan camilan rengginang. Mengingat dari penjualan camilan merupakan sumber utama masyarakat daerah tersebut.

  • Maka mahasiswa dari UMM bersosialisasi mengenai  kegiatan kerja sesuai protokol covid-19. Produsen rengginang yang memiliki beberapa pegawai layaknya menerapkan aturan kerja sesuai dengan kondisi pandemi-covid 19.  Setelah mendapat ijin dari perangkat desa setempat mahasiswa UMM mulai giat melakukan sosalisasi ke beberapa produsen camilan rengginang setempat. (Jum’at/07/08/2020).

    Sosialisasi Mahasiswa UMM Ke Produsen Krupuk/ Regginang setempat/ Ariena Zulfa |Dokpri
    Sosialisasi Mahasiswa UMM Ke Produsen Krupuk/ Regginang setempat/ Ariena Zulfa |Dokpri
    Para produsen rengginang di desa  Sawahan  sangat kooperatIf dalam  mengikuti  kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa UMM  (Universitas Muhammadiyah Malang) . Masyarakat  juga antusias dalam mengikuti kegiatan  protokol covid-19. Rangkaian kegiatan mahasiswa UMM ingin menerapkan produksi rengginang  secara sehat dan  aman dari covid-19.“Saya harap adanya KKN Online atau PMM Ini sangat membantu para produsen rengginang, kami selaku perangkat desa sangat senang karena kalian para generasi muda bisa lebih mengkoordinasi para masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang ada. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga sekitar”. Ujar Mohammad  Ariefin  selaku lurah setempat. Di awal pengenalan  Mahasiswa  UMM melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah produsen camilan setempat.  Pertemuan pertama dengan warga setempat selaku produsen  para warga setempat menerima dengan baik bimbingan para mahasiswa UMM .

    Putri Selaku koordinator kegiatan PMM yang merupakan mahasiswa dari kampus UMM mengungkapkan “ Kami berfokus pada kesehatan para karyawan yang bekerja di industri rumahan . Sesuai dengan kondisi saat ini marak dengan  virus Covid-19 kami sebagai  mahasiswa merasa bahwa penerapan kerja home industri juga harus memenuhi protokol kesehatan yang ada, Selain itu kami rasa penjualan  makanan khas desa sawahan yaitu rengginang mengalami penurunan selama masa pandemi  covid-19.”  Hal ini tentu menjadi polemik di kalangan produsen rengginang desa sawahan , kabupaten Mojokerto. Tingkat penurunan penjualan yang menjadi faktor utama di kalangan produsen rengginang tentunya akan menjadi penghambat perekonomian warga setempat yang bergantung pada penjualan camilan rengginang tersebut.

    PMM di desa Sawahan, diresmikan oleh perangkat desa setempat dan beserta pemasangan banner PMM UMM 2020 berlangsung. Saat kunjungan ke beberapa rumah produsen, Para warga merasa terbantu dengan adanya Program Pengabdian pada Masyarakat.“ Saya senang adanya kegiatan penyuluhan covid-19 di desa sawahan oleh Mahasiswa, sebagai produsen krupuk saya merasa terbantu, banyak karyawan saya memperoleh bantuan face shield dan masker sebagai penunjang protokol kerja selama adanya pandemi Covid-19” ujar Muslik selaku Produsen krupuk.

  •                                                                                                                                         Pewarta foto : Ariena Zulfa Auliya          Reporter/Editor : Mega Annisa Ni’mais

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x