Mohon tunggu...
Mega Mei
Mega Mei Mohon Tunggu... Citizen Journalist

Behtar Hoga Kal

Selanjutnya

Tutup

Film

Film Bollywood Paling Kontrovesi

17 Juli 2020   14:35 Diperbarui: 17 Juli 2020   14:25 83 4 0 Mohon Tunggu...

Berbicara film India memang tidak ada habisnya. Dalam kurun waktu setahun India bisa menghasilkan ratusan film dengan tema yang berbeda, mulai dari kategori aksi, romantis, keluarga, drama, horor, bahkan film yang mengangkat tema cukup berat seperti masalah sosial dan gender.

Masalah sosial serta gender menjadi topik yang cukup popular di India. Negara ini terkenal memiliki budaya yang sangat banyak dan unik, namun di tengah kemahsyuran budaya tersebut India juga dikenal sebagai negara yang rawan akan problematika sosial seperti masalah kepercayaan atau kekerasan seksual terhadap perempuan.

Beberapa film di bawah ini diyakini tidak sesuai dengan kepercayaan atau ajaran tertentu di India sehingga dalam proses pembuatan hingga perilisannya film-film ini memiliki banyak hambatan. Berikut adalah 3 film yang dianggap kontrovesi di India :

1. Padmavaat

Film yang dibintangi oleh Deepika Padukone (Rani Padmini), Shahid Kapoor (Rawal Ratan Singh), dan Ranveer Singh (Alauddin Khilji) ini bercerita tentang seorang Raja bernama Ratan Singh memiliki seorang permaisuri yang sangat cantik jelita bernama Rani Padmini atau yang biasa dikenal sebagai Padmavaati. 

Kecantikan Padmavaati yang mahsyur terdengar oleh Alauddin Khilji yang membuatnya tega membunuh Ratan Singh demi memiliki Padmavaati. Namun Padmavaati tidak ingin dipersunting oleh Alauddin, ia dan seluruh perempuan dari kerajaannya memutuskan untuk melakukan tradisi Jauhar atau membakar diri demi mempertahankan kehormatan.

Yang menjadi kontroversi adalah adanya kabar jika akan terjadi adegan intim antara Alauddin dan Padmavaati pada film karya Sanjay Leela Bhansali ini. Meski kabar ini dibantah oleh SLB, masyarakat tetap menuntut untuk memboikot film ini karena mereka tidak ingin seorang Ratu Padmavaati digambarkan sebagai seorang mesum. Deepika dan SLB mendapat ancaman akan dipenggal kepalanya, beberapa bioskop dirusak oleh massa, bahkan SLB mendapat perlakuan penganiayaan saat menjalani proses syuting. Akhirnya film ini tetap diperbolehkan untuk tayang dengan syarat harus mengganti judul dari 'Padmavaati' menjadi 'Padmavaat'

2. Lipstick Under My Burkha

Film yang dibintangi oleh 4 aktris bollywood, yaitu Ratna Pathak, Konkona Sen Sharma, Aahana Kumra, dan Plabita Borthakur ini bercerita tentang bagaimana kehidupan wanita India yang mencoba melawan keadaan yang ada. Dimana perlawanan mereka ini dianggap bertentangan dengan budaya di sekitarnya.

Dimulai dengan kisah perempuan yang merasa tidak nyaman karena ia diwajibkan menggunakan hijab sebagai seorang muslim. Pada akhirnya ia akan melepas hijabnya saat ia berada di kampus bahkan terkadang ia mencuri barang-barang di mall yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran muslim. Kisah juga berlanjut pada seorang wanita yang menyandang status sebagai ahli kecantikan, dimana ia memiliki kehidupan seks yang sangat kuat dengan kekasihnya namun harus dipaksa berjodoh dengan pilihan keluarganya.

Di sisi lain ada juga seorang ibu dengan 3 anak yang memiliki rumah tangga tidak cukup harmonis sehingga harus mencari jalan sendiri untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Dan terakhir adalah kisah janda berusia 55 tahun yang bertemu dengan pria dan saling memadu kasih melalui pesawat telepon tanpa saling bertemu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x