Mohon tunggu...
Mega Andika
Mega Andika Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah Komunikasi dari Zaman Dahulu Hingga Sekarang

1 Oktober 2018   13:46 Diperbarui: 1 Oktober 2018   14:05 5211 0 0 Mohon Tunggu...

Bila dilihat dari sejarahnya, proses komunikasi menjadi seperti sekarang ini. Gimana sih sejarah komunikasi dari jaman dahulu kala hingga sekarang?

Pada awalnya kata komunikasi sendiri berasal dari bahasa Romawi yang pada waktu itu lebih disebut sebagai retorika yaitu cara menyampaikan sesuatu dengan meyakinkan audience, biasanya retorika digunakan oleh orang-orang Yunani dalam menyampaikan persebaran agamannya dan hal ini membuktikan adanya fakta intlektualitas yang berkembang pada masa tersebut, kemunculan komunikasi sendiri sudah ada dan berkembang sejak zaman mesir namun berkembang secara sistematis pada masa Yunani.


Di zaman Romawi, pada saat itu menggunakan suara manusia, dapat memanggil semua prajurit mereka untuk berperang hanya dalam tiga hari. Menggunakan api di malam hari dan asap atau cermin pada siang hari disebutkan dalam teks-teks kuno. 

Selama periode dalam sejarah India yang digunakan oleh raja-raja untuk menilai mereka tentang kemajuan kekaisaran, teknologi ilmu komunikasi internasional dapat menjadi fenomena kontemporer tetapi ,pertukaran perdagangan dan budaya telah ada selama lebih dari dua milenia antara dunia graco ke Rumania. Oleh karena itu orang zaman dulu belum begitu paham dengan komunikasi. Akan tetapi, pada zaman dahulu komunikasi lebih bersifat simbolik atau kode - kode.


Semakin berjalannya waktu seorang warga Amerika bernama Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837 menemukan alat yang bernama Telegraf. Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. 

Pesan yang dikirimkan oleh operator menggunakan kode morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dan menerima hanyalah orang yang paham kode Morse. Untuk keperluan peperangan, media ini sangat diperlukan agar pesan rahasia tetap terjaga. Pesan ini pun diistimewakan karena umumnya pesan tersebut adalah pesan penting. Perkembangan selanjutnya, media ini melahirkan media baru seperti teleprinting dan faksimile.


Komunikasi sendiri mengalami pertumbuhan pada era 1900 tepatnya saat perang dunia ke II berlangsung, pada masa-masa tersebut komunikasi telah digunakan sebagai ilmu terapan, khususnya pada industri yang bergerak disektor media dan broadcasting. Wilayah berkembangnya komunikasi sendiri berada diwilayah Eropa Barat tepatnya dinegara Prancis dan Jerman kemudian menjalar ke Amerika, adapun yang berkembang saat itu adalah sistem komersialisasi dan juga penggunaan hak paten. Namun karena adanya tuntutan era globalisasi, manusia terus menciptakan penemuan baru agar memudahkan dan mempercepat berkomunikasi, semakin banyak media yang dibuat.


Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi mengalami perkembangan pesat khususnya dalam perkembangan teknologi komunikasi yaitu di era 1960 hingga saat ini, dimana periode ini disebut sebagai take off periode atau periode tinggal landas. Perkembangan pesat teknologi komunikasi pada masa ini ditandai dengan kemunculan teknologi internet, seluler, dan juga satelit, dunia menjadi sebuah dunia tanpa batasan ruang dan waktu, menjadi sebuah dunia yang transparan, serta peran kecepatan transformasi data dan berita yang ada.
Pada zaman yang sangat modern ini, komunikasi bukanlah suatu hal yang sulit. Kita bisa mencari informasi maupun melakukan komunikasi dengan siapa pun, kapan pun dan dimanapun dengan teknologi yang ada.


Dengan ini perkembangan informasi dan Komunikasi yang ada dari masa dahulu hingga masa sekarang tidak akan mati dengan sampai sekarang saja, setiap manusia membutuhkan informasi dan Komunikasi secara langsung maupun tidak langsung semakin tumbuh berkembangnya manusia semakin berkembang juga informasi dan komunikasi yang ada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x