Tekno

Pengaruh Perkembangan Teknologi di Kalangan Remaja

19 April 2016   23:20 Diperbarui: 19 April 2016   23:27 1209 0 0

Perkembangan teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan sangat mudah. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, twitter, facebook, dan kompasiana.

Memang sangat bagus bagi para remaja, karna bisa menambah wawasan,di  internet, kita dapat dengan sangat mudah menemukan seluruh informasi yang sangat penting diketahui oleh para pembaca. Inilah yang menyajikan kepada kita semua kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya seluruh informasi dalam kualitas yang hamper sempurna dalam waktu yang sangat cepat.

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri tersebut para remaja memilih jalan yang benar ataupun yang salah, memang kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat khususnya dikalangan remaja.

Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruh dalam kehidupan remaja adalah hal suatu yang tidak dapat dihindari. Dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang telah memengaruhi gaya hidup dan pola piker remaja. Seakan-akan para remaja ingin menirukan gaya hidup orang-orang barat yang sangat jauh berbeda dengan kehidupan dan tradisi yang ada di negeri ini.

Awalnya teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Teknologi lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin canggih seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga menjadi penambahan fungsi teknologi yang semakin memanjakan manusia khususnya dikalangan remaja.

Berikut pengaruh positif adanya perkembangan teknologi dikalangan remaja:

1.      Dengan adanya internet para remaja dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2.      Dengan adanya internet sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email para remaja dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3.      Mempermudah proses pembelajaran bagi para remaja khususnya dibidang pendidikan.

4.      Mempermudah komunikasi untuk menyambung silaturrahmi antar remaja satu dengan lainnya.

5.      Memudahkan para remaja untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi ke tempat penawaran atau penjualan.

6.      Para remaja tidak gagap teknologi, remaja dapat mengikuti perkembangan Era Teknologisasi Dunia sehingga para remaja lebih produktif.

Berikut beberapa dampak negative dari perkembangan teknologi bagi remaja:

1.      Para remaja akan sering mengunjungi situs-situs yang berbau pornografi.

2.      Dengan adanya internet, akan dijadikan ajang perjudian online dikalangan remaja.

3.      Terjadinya banyak penipuan dikalangan remaja khususnya dibidang transaksi jual beli online.

4.      Akan menimbulkan banyaknya kejahatan yang terjadi seperti penculikan, pemerkosan dll.

So, dampak positive atau dampak negative dengan adanya perkembangan teknologi dikalangan remaja itu tergantung sikap remaja itu sendiri bagaimana menggunakan teknologi itu sendiri, jika mereka menggunakan teknologi dari sisi positifnya maka akan memberikan kemashlahatan bagi kehidupan remaja itu sendiri dan begitupun sebaliknya. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi negatifnya maka akan banyak menimbulkan masalah bagi kehidupan remaja itu sendiri.