Mohon tunggu...
Medio Podcast Network
Medio Podcast Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

3 Penjara Paling Menyeramkan di Dunia

20 Februari 2023   12:00 Diperbarui: 20 Februari 2023   12:10 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di belahan dunia sana, ada penjara-penjara yang mengerikan.(Freepik/reewungjunerr)

Jika mendengar penjara, hal yang terbesit di benak kita adalah tempat menyeramkan yang berisi penjahat dari berbagai kelas. Mulai dari kelas biasa hingga kelas kakap yang berisi pembunuh kejam dan gembong narkoba. Penjara adalah tempat bagi para pelaku kriminal mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Hal ini pula dialami oleh tokoh Agung dalam serial "Agung" milik siniar Tinggal Nama bertajuk "Habisi Dia!" yang dapat diakses melalui dik.si/TNAgungE6

Dikisahkah Agung ditahan di balik jeruji besi tersebut karena telah melakukan dua pembunuhan yang menggemparkan warga. Aksi sadisnya itu pun memantik seorang wartawan untuk menyelidiki motif di baliknya.

 Ternyata, di dunia nyata, tak semua penjara bisa memberikan berbagai fasilitas yang memadai untuk para warga binaannya. Lantas, penjara mana sajakah yang mendapat predikat sebagai penjara terkejam di dunia? 

1. Penjara Sabaneta, Venezuela

 Venezuela adalah negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi kedua di dunia. Itu sebabnya, dilansir dari All That's Interesting, 80 persen penjara di Venezuela sebenarnya dijalankan oleh narapidana bersenjata. 

Lebih dari 3.700 narapidana paling kejam di Venezuela berada di Sabaneta, sebuah penjara yang dibangun untuk menampung tidak lebih dari 700 orang. Karena melebihi kapasitas, penjara itu sangat kotor, berbahaya, penuh dan sesak, serta terabaikan. B

Para tahanan pun akhirnya menjaga ketertiban dalam bentuk hierarki yang dikendalikan oleh geng. Narapidana yang miskin dan berstatus rendah terpaksa membayar narapidana yang lebih berkuasa hanya untuk mendapatkan tempat tidur. 

Tak hanya itu, jika menginginkan air, mereka harus minum langsung dari pipa kamar mandi yang berkarat. Akibatnya, kerusuhan sering kali terjadi di penjara itu. Pada 1994, 108 tahanan tewas dalam kerusuhan yang sangat brutal yang membuat penjara tersebut hangus terbakar. 

2. Penjara Gitarama, Rwanda 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun