Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Para Investor Baru?

5 September 2022   10:40 Diperbarui: 5 September 2022   10:58 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Alifia Putri Yudanti

SEMAKIN berkembangnya teknologi membuat beragam sektor juga berbenah. Salah satunya adalah sektor keuangan yang kini menyediakan beragam pilihan bagi penggunanya.

Investasi merupakan salah satu bagian darinya. Kini, investasi bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Bahkan, nominal yang ditawarkan pun sangat ramah bagi anak-anak muda, yaitu mulai Rp10.000.

Peningkatan ini dibuktikan oleh catatan Bursa Efek Indonesia (BEI) terhadap pertumbuhan investor di pasar modal. Sampai 21 Januari 2022, BEI mencatat ada 260.000 ribu investor baru di pasar modal.

Namun, sayangnya angka ini tak sebanding dengan eksekusinya di lapangan. Nyatanya, masih banyak investor pemula yang terjebak karena tak mengerti cara 'memainkan' saham dengan tepat.

Dalam siniar CUAN bertajuk "Jebakan untuk Investor Newbie", Djumyati Partawidjaja, Certified Financial Planner, bahkan memaparkan kalau para investor tersebut sering tak memperhatikan grafik saham.

Fenomena ini pun dibuktikan dengan banyaknya orang yang terjebak oleh skema token artis dan binomo. Biasanya, mereka menawarkan pengembalian yang tinggi dengan jangka waktu relatif cepat.

Padahal, investasi memerlukan waktu yang tak sebentar untuk memperoleh hasil. Oleh sebab itu, investasi diperlukan kemampuan khusus yang berbeda dari hanya menyetor uang semata.

Punya Perbedaan Signifikan dengan Menabung 

Menurut Djum, orang awam menganggap bahwa investasi sama seperti menabung. Padahal, keduanya berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan