Mohon tunggu...
Media Aspirasi
Media Aspirasi Mohon Tunggu... Critical Education

Sarana Penyaluran Aspirasi Sampaikan aspirasimu meskipun akan mengancam keselamatanmu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ikatan Mahasiswa Kwanyar Gelar Kongres Perdana

7 Agustus 2020   00:10 Diperbarui: 7 Agustus 2020   12:58 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikatan Mahasiswa Kwanyar Gelar Kongres Perdana
Ilustrasi : Sesi foto bersama peserta Kongres Imaka | foto/pribadi

Kontributor : Nurul Mustofa | Editor : Suharianto

Media Aspirasi | Bangkalan - Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) yang berbasis di kecamatan Kwanyar, kabupaten Bangkalan yaitu Ikatan Mahasiswa Kwanyar (Imaka) melakukan Kongres perdana yang diselenggarakan di SMK Asy'ari tepatnya di Desa Pesanggrahan, Kwanyar, Bangkalan. Kamis (06/08/2020).

Pada Kongres kali ini membahas antara lain Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), serta pemilihan Ketua Umum pertama Imaka. Kongres ini juga dihadiri oleh dua pembina Imaka yaitu Ach. Subairi alumni UIN Sunan Ampel Surabaya dan Mohammad Hotib Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini juga menjabat sebagai anggota DPRD Bangkalan Komisi A.

Disela-sela acara Ach. Subairi memberikan sambutannya. "Saya bangga dan mengapresiasi dengan adanya organisasi Imaka, akan tetapi jangan terlalu bangga, karena kedepannya tanggung jawab kalian akan bertambah yang mana harus memikirkan Kwanyar lebih maju lagi." Ujar Subairi dalam sambutannya.

Subairi menegaskan bahwa kalian (peserta Kongres) bukan siswa lagi, tapi mahasiswa yang harus bergerak dan mendengarkan fakta yang ada di masyarakat, jika mahasiswa masih bersikap tidak adil, mengeluh, menindas, dan bersifat semena-mena terhadap masyarakat di lingkungan sekitar, maka hapus saja gelar mahasiswa itu menjadi siswa saja. Tegasnya.

Sebab kenapa tanya Subairi, karena maha itu maha segalanya. Baik itu maha adil ataupun maha berani, sekalipun pada titik terendah, dengan kata lain mahasiswa adalah maha siap untuk menderita. Imbuhnya saat dihubungi oleh Media Aspirasi.

Selain Ach. Subairi, Mohammad Hotib juga memberikan semangat dan menaruh harapan yang sangat besar dengan terbentuknya wadah mahasiswa Kwanyar lewat sambutannya. "Rasa syukur bagi Saya melihat taretan-taretan memikirkan nasib Kwanyar kedepan. Namun yang perlu disadari kesadaran geogafis, karena kita berangkat dari kecamatan Kwanyar, ini yang harus kita pikul dan pikirkan bersama." Harap anggota DPRD Bangkalan ini.

Hotib melanjutkan dengan adanya organisasi ini yang beranggotakan 150 mahasiswa dari berbagai kampus bisa menjadi jembatan alternatif bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, instrumen teorisasi perihal problem-problem yang melingkupi kehidupan sosial masyarakat Kwanyar. Lanjutnya. "Dengan adanya organisasi Imaka ini bisa membumikan narasi akademis menjadi tindakan praksis emansipatoris." Pungkasnya.

Dalam Kongres perdana Imaka Hendra Riski terpilih menjadi Ketua Umum Imaka periode 2020-2021 mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

VIDEO PILIHAN