Mohon tunggu...
Media Aspirasi
Media Aspirasi Mohon Tunggu... Sarana Penyaluran Aspirasi

"Sampaikan Aspirasimu Meskipun Akan Mengancam Keselamatanmu"

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Asosiasi Bebek Cabang Purnama Jatim Adakan Pengarahan Koperasi bersama Dinas Koperasi dan UKM Jatim

20 Februari 2020   01:43 Diperbarui: 20 Februari 2020   01:42 28 0 0 Mohon Tunggu...

Sidoarjo, Media Aspirasi - Asosiasi Bebek Cabang Purnama Provinsi Jawa Timur (Jatim) Mengadakan Pengarahan Koperasi Bersama Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur di kediaman Bapak Misrah, tepatnya di Bungurasih Tengah RT/RW: 003/003 Waru, Sidoarjo Rabu, (19/02/2020).

Dalam perkumpulan ini, para juragan bebek cabang purnama antusias berdatangan dari berbagai Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur, salah satunya, Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Pengarahan koperasi yang di motori oleh Dinas Koperasi dan UKM Jatim berjalan cukup lama, mulai dari pukul 13.00 WIB hingga menjelang waktu ashar baru selesai.

"Saya bangga dengan inisiasi para juragan bebek purnama terkait akan dibentuknya bebek cabang purnama menjadi sebuah koperasi, selain membantu meningkatkan ekonomi keluarga, juga membantu meningkatkan dan menjaga stabilitas ekonomi negara". Kata Ahmad Rizadi selaku Bidang Kelembagaan dan Pengawasan.

Bebek purnama ini mulanya berasal dari satu Desa saja, tepatnya di Dusun Sabungan Utara, Desa Ombul, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang Madura. Seiring berjalannya waktu, bebek purnama ini semakin ramai dan disukai oleh banyak orang, sehingga, yang lain pun ikutan membuka warung di wilayah yang tersebar di Indonesia.

Mat Sukri selaku Ketua Asosiasi sekaligus generasi kedua menjelaskan terkait bebek purnama yang akan dibentuk menjadi koperasi. "Bebek cabang purnama yang akan dibentuk menjadi koperasi ini tujuannya agar lebih tertata dan teroganisasi, karena belakangan ini banyak orang buka warung mengatasnamakan cabang 'Purnama' tanpa sepengetahuan sesepuh bebek cabang purnama, dan jumlahnya pun tidak sedikit, tapi membludak dan menjalar kemana-mana, maka perlulah kita membentuk sebuah koperasi yang bisa mewadahi bebek cabang purnama". Paparnya.

Kegiatan pengarahan koperasi ini selain membuka jalan yang baik bagi para juragan bebek purnama, Dinas Koperasi dan UKM Jatim sedikit menjelaskan nilai lebihnya ketika usaha akan dibentuk menjadi koperasi, tentunya secara otomatis memiliki status badan usaha dan badan hukum yang bisa menjaga keamanan para pedagang ketika berjualan. "Kelebihan bebek cabang purnama dibentuk menjadi koperasi, akan aman dari penggusuran Satpol PP, terhindar dari usaha yang tidak sehat, karena semuanya sudah ada jaminan dari pemerintah". Tuturnya.

Misrah selaku Wakil Ketua Asosiasi sekaligus yang membuka bebek cabang purnama pertama di Sidoarjo langsung menanggapi yang dipaparkan Ahmad Rizadi. "Yang disampaikan Bapak ini selaras dengan harapan para juragan bebek purnama, karena penggusuran merupakan momok yang terus mengganggu pikiran teman-teman, serta merasa tidak tenang dengan ancaman penggusuran di tempat-tempat lain, Saya juga salah satu korban penggusuran waktu buka di depan PT. Gudang Garam Tbk.". Pungkasnya.

Semoga rencana ini menjadi terwujud dan terealisasikan secepatnya, dengan harapan tidak hanya di Jawa Timur saja yang akan dibentuk koperasi, di daerah lain semoga segera menyusul agar lebih terstruktur dan sistematis ketika dibentuk sebuah koperasi.

#BebekCabangPurnama #Koperasi #Ekonomi #Bisnis

Redaktur: Suharianto

VIDEO PILIHAN