Humaniora

Meriah, Festival "Marching Band" di Jogja Bay

9 April 2018   14:07 Diperbarui: 9 April 2018   14:16 524 0 0
Meriah, Festival "Marching Band" di Jogja Bay
dokumentasi pribadi

Sebanyak 80 sekolah TK dan SD DIY Jawa Tengah menunjukkan penampilan terbaiknya dalam Festival Marching Band Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Kompetisi yang digelar bersama Yayasan Langkah Hati Indonesia (Harmony Percussion) pada tanggal 7-8 April 2018 ini memperebutkan Piala Bergilir Gubernur DIY, Piala Bupati Sleman, dan Piala Jogja Bay Waterpark.

Festival Marching Band TK & SD berlangsung meriah di The Harbour Theater Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Acara yang berlangsung selama dua hari pukul 08.00-16.00 ini dihadiri oleh 8500 orang yang terdiri dari peserta dan pendamping.

Hal ini disampaikan oleh Medha Zeli Elsita selaku Public Relation Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Pada event marching band kali ini terdapat beberapa kategori yang dikompetisikan diantaranya klasemen mandiri-non mandiri dasar, pemula, lanjutan, dan utama. Tak luput juga dalam ajang ini dikompetisikan paramanandi dan gitapati dari setiap kelompok yang ditampilkan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
"Kategori lomba dibuat terpisah antara TK dan SD. Dalam setiap perlombaan terdapat penentuan pemenang klasemen dan paramanandi dari setiap kategori lomba yang terdiri dari klasemen mandiri-non mandiri dasar, pemula, lanjutan, dan utama. Piala Bergilir Gubernur diberikan kepada masing-masing kelompok pemenang marching band kelas utama," jelas Medha.

Dikonfirmasi oleh Bapak Susilo selaku salah satu juri yang dihadirkan dalam Festival Marching Band Jogja Bay Waterpark pada Sabtu (7/4), aspek yang menjadi bahan pertimbangan penilaian juri dalam kompetisi ini adalah general effect, analisa musik, dan mayoret. Puluhan peserta tampak bersaing ketat memberikan penampilan terbaiknya sehingga selisih poin yang dihasilkan dari penampilan setiap kelompok kategori peserta tidak terpaut banyak.

 Dari kompetisi ini diperoleh juara pada kategori TK Klasemen Utama Juara I oleh TK Pangudi Luhur, Juara II oleh TK Aba Ketanggungan, dan Juara III oleh TK Aba Gendingan. Sementara untuk kategori SD Klasemen Utama Juara I diperoleh SDN Tamansari I, Juara II SDN Lempuyangan I, dan Juara III SD Muh Gerso. Sementara itu untuk Gitapati terbaik diraih oleh SDN Lempuyangan I.