Mohon tunggu...
Medha MahoccaP
Medha MahoccaP Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Berjelajah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Memberi Kenyamanan pada Pasien

27 November 2022   20:07 Diperbarui: 27 November 2022   20:16 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai seorang tenaga Kesehatan khususnya bidan harus memiliki cara atau metode untuk bisa berkomunikasi dengan kliennya agar bisa membina hubungan dengan baik. 

Komunikasi, menciptakan hubungan antara bidan dengan pasien untuk mengenal kebutuhan dan menentukan rencana tindakan. Tanggung jawab penolong persalinan untuk mengkaji perawatan yang paling tepat pada awal persalinan telah dibicarakan dan pentingnya pemberian dukungan sepanjang persalinan. 

Di manapun kelahiran terjadi, terbinanya hubungan yang baik antara wanita dan pemberi perawatan sangat penting baik mereka pernah atau belum bertemu sebelumnya. 

Konseling kebidanan adalah bantuan kepada orang lain dalam bentuk wawancara yang menuntut adanya komunikasi, interaksi yang mendalam dan usaha bersama antara konselor (bidan) dengan konseli (klien) untuk mencapai tujuan konseling yang dapat berupa pemecahan masalah, pemenuhan kebutuhan ataupun perubahan tingkah laku/ sikap dalam ruang lingkup pelayanan kebidanan.

Konseling ada beberapa proses, proses yang pertama yaitu pembinaan hubungan baik (rapport), pembinaan ini harus dimulai dari awal pasien dating contohnya seperti memberi salam, mempersilahkan duduk, memperkenalkan diri, menciptakan suasana yang nyaman dan aman, dan memberikan perhatian penuh pada klien SOLER, SOLER kepanjangan dari S :Face your clients squarely (menghadap klien) & smile/ nod at clients (senyum/ mengganggukkan kepala), O :Open and Non Judgemental Facial Expression (ekspresi muka menunjukkan sikap terbuka dan tidak menilai), L : Lean Towards Client (tubuh condong kearah klien), E : Eye Contact in a culturally- Acceptable Manner (kontak mata/ tatap mata sesuia dengan cara yang diterima budaya setempat), R : Relaxed and Friendly Manner (santai dan sikap bersahabat). 

Proses yang ke dua yaitu mengambil keputusan, setelah melakukan konseling dengan pasien kita sebagai tenaga Kesehatan khususnya bidan harus bisa memberikan keputusan yang tepat untuk klien kita. Proses yang ke tiga yaitu menindaklanjuti pertemuan, setelah tahap mengambil keputusan bidan akan membuat rencana pertemuan selanjutnya untuk melihat perkembangan ibu dan janinya.

Nah itu tadi metode yang baik untuk melakukan komunikasi dengan klien, agar kita sebagai tenaga Kesehatan khususnya bidan dalam memberikan asuhan kebidanan tepat sasaran dan tujuan kita untuk menyampaikan sampai kepada klien dan agar bisa diterapkan di kehidupannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun