Mohon tunggu...
Pena kreatif heandly moreno
Pena kreatif heandly moreno Mohon Tunggu... Heandly mangkali
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis adalah hidupku

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Wakil Rakyat yang Bermedia Sosial Pasti Mudah Bersosial

1 November 2019   08:15 Diperbarui: 1 November 2019   08:19 0 0 1 Mohon Tunggu...
Wakil Rakyat yang Bermedia Sosial Pasti Mudah Bersosial
Sumber foto : facebook Yaristan Palesa, SH

Palu,  01 November 2019

Penulis : Heandly Mangkali Tomaringku

Kami komunitas penulis kreatif Sulawesi Tengah sebagai bagian dari tim media sosial anggota DPRD Kabupaten Morowali Utara periode 2019-2024, bapak Yaristan Palesa, SH berbagi cerita tentang sosok wakil rakyat tersebut. 

Point point yang kami nilai penting dimiliki oleh seorang wakil rakyat, kami jabarkan didalam sikap sikap yang ditunjukan oleh sosok wakil rakyat ini diantaranya, 

1). Seorang wakil rakyat penting menggunakan media sosial,  karna era digital saat ini dimana informasi dan persoalan sosial sangat cepat terjadi dimasyarakat, dan menjadi viral dimedia sosial. Bapak yaristan palesa adalah sosok yang dinilai merespon persoalan yang terjadi dimasyarakat,  dan tentu memberikan langkah langkah penanganan. Contoh yg dapat kami ambil, saat kasus danau tiu tercemar awal dan ramai diposting dimedsos facebook, walaupun saat itu belum dilantik sebagai anggota DPRD terpilih,  beliau berkenan mendampingi dan dengan keras mengingatkan pihak perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap persoalan yang terjadi. Memfasilitasi pertemuan pihak terkait,  masyrkat,  aparat desa,  dan perusahaan terkait. 

Seorang wakil rakyat yang bermedia sosial bagi kami adalah seorang wakil rakyat yang mudah bersosial dimasyarakat. 

2). Yaristan palesa maju pada pemilihan ketua DPRD Morowali Utara,  bukan hanya pada soal sikap politik yang diambilnya. Langkah ini adalah pesan moral bagi generasi muda yang disebut kaum millenial,  bahwa seorang muda harus berani, dan siap untuk menjadi pemimpin di lembaga apapun. Bahwa persoalan keputusan partai yang secara internal tidak memilihnya, itu adalah bagian yang terpisahkan.  Point penting yang disampaikan,  memiliki mental leadership dan menyatakan sikap adalah penilaian tersendiri yang akan selalu diingat,  bahwa ada seorang wakil rakyat yang muda,  yang menyatakan diri siap memimpin lembaga terhormat.  Sikap sikap ini sejalan dengan komitmen bangsa ini,  yang memberi kesempatan kepada orang orang muda, menjadi bagian utama dari penentu kebijakan yang terjadi. Di kabinet presiden jokowi saat ini,  kita lihat sejumlah mentri dan wakil mentri,  diisi oleh para orang muda yang jelas memiliki mental pemimpin. 

3). Kepemimpinan Daerah ke depan, terletak pada apa yang dilakukan generasi muda saat ini,  jika generasi muda berani menyatakan sikap dan pendapatnya untuk memimpin,  maka akan lahir calon calon pemimpin dimasa yang akan datang. 

4). Pilihan menjadi wakil rakyat, adalah totalitas dari sikapnya untuk memberikan kontribusi bagi daerah.  Sekali kaki melangkah, maka bayanganpun tak akan dapat merubah arah, diantara kencangnya tiupan angin, dalam ironi politik yang terjadi.  Dalam mengambil sikap,  sosok ini sangat menjaga komitmennya terhadap amanah rakyat. 

5). Selalu membuka ruang komunikasi, melalui media sosial facebook grup beranda yaristan palesa,  sosok ini membaca setiap pesan pesan masyarakat yang ditujukan kepada wakil rakyat, terutama mereka yang ada di dapil pemilihannya. 

6). Selalu menerima kritik dan masukan, serta mengambil sikap yang bijaksana terhadap persoalan yang terjadi dimasyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x