Mohon tunggu...
Dimas Ragil Mumpuni
Dimas Ragil Mumpuni Mohon Tunggu...

The Journey of Thousand Miles Begin With Single Word. Walk!

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

#MudaBikinBangga: Andreas Sanjaya, menjadikan usaha sebagai kendaraan menuju Surga

31 Oktober 2016   22:17 Diperbarui: 1 November 2016   10:41 0 1 1 Mohon Tunggu...
#MudaBikinBangga: Andreas Sanjaya, menjadikan usaha sebagai kendaraan menuju Surga
dok.pribadi

"Ketika lelah menyapa, kala sibuk menghampiri, kuhujamkan selalu dalam hati, ‘Jay istirahatnya di surga aja’. Buat setiap detikmu bermakna, jadikan setiap nafasmu berarti. (Andreas Senjaya, Founder Badr Interactive)

Namanya mungkin tak banyak orang awam dengar. Pawakannya pun tak semeyakinkan orang sukses pada umumnya. Namun, jangan tanya tentang apa yang telah dia berikan pada bangsa ini. Dia dikenal dengan nama Mas Jay. Pendiri sebuah startup bernama Badr Interactive yang mempunyai ragam produk dengan nilai manfaat yang tinggi pada hidup seseorang. Seorang pemuda penuh inspirasi yang meyakinkan bahwa hidup itu harus memberi makna.

Perjalanan menuju sukses adalah perjalanan yang berat. Pilihan jalan yang terjal tersebut perlu difahami dengan baik sebelum akhirnya memasukinya. Jika sudah masuk pun harus benar-benar dijalani dengan sebaik mungkin, sekeras mungkin dan seikhlas mungkin. Terkadang, perjalan tersebut adalah perjalanan yang tidak bergaris finis. Cara menikmati dan mensyukurinya lah yang menjadi kunci.

Mas Jay telah memberikan contoh nyata bagaimana memulai sebuah usaha dan menikmati setiap jejak yang terukir. Bermula pada tahun 2011 akhirnya beberapa mahasiswa tingkat 2 di Universitas Indonesia mendirikan Badr Interactive. Badr Interactive sendiri merupakan sebuah studio aplikasi mobile, salah satu perusahaan IT yang bermarkas di Depok yang fokus mengembangkan aplikasi di platform Android, BlackBerry, iOS, dan Java ME. Badr Interactive mengusung dan menanamkan nilai-nilai keislaman yang universal, yaitu bagaimana bisa memberi manfaat sosial pada banyak orang melalui teknologi.

Beragam produk mulai diproduksi. Misi membawa nilai kebermanfaatan tersebut tak semudah mengucap kata. Setiap perjalan pembuatan produk ada kalanya gagal dan seringkali "kehabisan uang". Hingga pada akhirnya muncul produk yang cukup fenomenal. UrbanQurban, sebuah platform berkurban secara online yang membantu orang yang ingin berkurban dengan platform yang tersedia hewan kurban. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan informasi tentang hewan kurban, tetapi juga pendistribusian daging kepada yang membutuhkan ditambah dengan laporan hasil penyembelihan.

Namun, dikarenakan waktu untuk berkurban yang periodik ketika ada musim kurban dan syukuran kelahiran anak saja maka Mas Jay terus mencari ide-ide baru. Hingga akhirnya muncul sebuah solusi yang memberikan dampak yang besar kepada umat manusia di masa depan. Solusi tersebut bernama iGrow, iGrow sendiri merupakan sebuah platform yang bisa menghubungkan para petani, pemilik lahan, dan orang-orang yang ingin berinvestasi di bisnis pertanian. Menurut Jay, iGrow ingin memanfaatkan sebanyak mungkin lahan yang tidak terpakai di seluruh dunia agar bisa digunakan untuk menanam tumbuhan. Prinsipnya memulai sebuah usaha bukan hanya ingin kaya atau terkenal, tapi bagaimana usaha tersebut mempunyai purpose/misi tertentu. Mas Jay hadir untuk menciptakan aplikasi teknologi yang dapat menolong banyak umat.

Semangat kebermanfaatan  tersebut muncul dan dilihat oleh beberapa orang sebagai sebuah semangat bersama. IGrow pun terus tumbuh menjadi sebuah startup yang menjadi primadona. Start yang tepat ternyata mampu mempermudah jalannya usaha tersebut. Prinsip memulai pun cukup sederhana. Start dengan big problem dan big market dan selalu menanyakan why hal tersebut harus diselesaikan karena darisanalah akan menarik big people baik itu talenta internal maupun orang eksternal seperti partner dan investor. Hingga akhirnya akan menciptakan big impact yang dirasakan oleh orang banyak. IGrow pun telah membuktikan diri start dengan start yang tepat dan dieksekusi secara tepat oleh orang yang tepat. IGrow secara tidak langsung akhirnya mendapatkan beberapa apresiasi seperti berhasil meraih juara satu kompetisi Startup Asia 2014 dan kompetisi Payment Dragons Den Asia iGrow 2015, serta juara kedua di kompetisi Startup Istanbul 2015. Pada tahun tahun 2016  akhirnya terpilih menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara di program akselerator bisnis yang diadakan di Amerika Serikat oleh 500 startup.

Jay bersama istrinya di markas Google (Catatan Andreas Senjaya)
Jay bersama istrinya di markas Google (Catatan Andreas Senjaya)

Sebuah capaian yang menginspirasi, capaian yang berarti bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang-orang disekitarnya. Masih muda, tapi sudah penuh karya. Muda bukanlah sebuah halangan untuk berkontribusi dan memberikan manfaat. Tidak ada kata nanti dan nunggu siap ketika menjalankan sesuatu. Hanya ada kata siap bagi seorang Jay dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Pada akhirnya membangun sebuah usaha atau startup adalah membangun kendaraan untuk mewujudkan mimpi yang disematkan dalam visi perusahaan. Bukan hanya sebuah instrumen finansial bagi mereka para pemegang saham atau sebuah kepopuleran bagi pendiri usaha, terlebih adalah sebuah kendaraan menuju surga. 

Sosok inspiratif akan selalu hadir. Tinggal bagaimana kita menemukannya. Beragam cara dapat digunakan, nama saya menemukan satu cara efektif yakni lewat Kurio. Sebuah cara baru mencari sosok inspiratif disekitar kita.  Satu aplikasi untuk semua yang menjadi minat kita para pemuda. Dengan adanya kurio hidup menjadi lebih mudah dan selalu lebih tau tentang inspirasi disekitar kita. Pemuda akan selalu haus akan inspirasi, haus akan sebuah berita yang memantik untuk berkarya, haus akan sebuah problematika yang membuatnya ingin menciotakan sebuah solusi yang berdampak hingga akhirnya akan menjadi sosok inspiratif bagi sekitarnya, seperti halnya Mas Andreas Senjaya.