Mohon tunggu...
Suci Ayu Latifah
Suci Ayu Latifah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Satu Tekad Satu Tujuan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pesan Edukatif Dongeng Anak Nusantara Bertutur Edisi Agustus-Oktober 2018

9 Agustus 2019   10:25 Diperbarui: 9 Agustus 2019   11:03 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pesan Edukatif Dongeng Anak Nusantara Bertutur Edisi Agustus-Oktober 2018
sumber: facebook/nusantara bertutur

Pesan edukatif merupakan sebuah pesan yang di dalamnya berisikan perintah, nasihat, permintaan, dan amanat yang ingin disampaikan kepada orang lain. Pesan bisa dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung (dari orang lain). 

Pesan yang disampaikan secara langsung dilakukan dengan memberikan nasihat secara langsung bertemu atau bertatap muka dengan orang yang akan diberikan nasihat. 

Seperti yang sering kita alami dan jumpai, seorang ibu yang menegur anaknya karena memiliki kebiasaan tidak mencuci piring setelah selesai makan. Ibu itu kemudian menegur, supaya membiasakan diri melakukan hal paling sederhana, yaitu mencuci piring sendiri.

Pesan yang disampaikan secara tidak langsung, contohnya ketika seseorang menuliskan sebuah surat dengan mengatakan supaya orang yang membaca surat itu tetap semangat, jangan mudah menyerah dan putus asa. 

Contoh lain adalah seorang kepala sekolah ingin menegur siswanya supaya membiasakan diri masuk kelas dengan tertib. Karena ketertiban itu jika dilakukan secara perlahan akan menjadi kebiasaan yang baik. 

Nasihat itu tidak langsung diutarakan kepala sekolah. Akan tetapi, beliau meminta wali kelas menyampaikan dengan siswa yang dimaksudkan.

Di sini kita dapat belajar, bahwasanya pesan edukatif memiliki arti sesuatu hal yang bersifat mendidik untuk mengubah sesuatu yang kurang baik menjadi baik, sesuatu yang salah menjadi benar, sesuatu yang kurang tepat menjadi tepat, dan lain sebagainya. 

Dari pesan-pesan edukatif yang disampaikan seseorang itu diharapkan orang lain dapat menerapkan dengan hati dan tindakan di kehidupan sosial.

Pesan edukatif dapat kita temukan di mana saja dan lewat apa saja. Dalam dongeng anak contohnya. Dongeng tidak sekadar menyampaikan cerita kepada pembaca. Akan tetapi, penulis juga bermaksud menyampaikan pesan yang diselipkan dirangkaian cerita yang disajikan. 

Dongeng anak Kompas Nusantara Bertutur edisi Agustus-Oktober 2018 menarik untuk dianalisis pesan-pesan edukatif apa saja yang terdapat dalam cerita. Dari ke-12 judul dongeng anak tersebut terdapat pesan edukatif berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter.

Berikut ini adalah analisis pesan edukatif dongeng anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10