Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Sedekah Online Lebih Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

6 Mei 2021   19:57 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:59 364 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedekah Online Lebih Aman dan Nyaman di Masa Pandemi
Sedekah online lebih aman dan nyaman di masa pandemi (dok.pri)

Sedekah online lebih aman dan nyaman di masa pandemi - Ramadan tinggal beberapa hari nih. Apa kalian sudah memperbanyak amalan? Ngomong soal amalan,  i bulan Ramadan adalah kesempatan untuk kita memperbanyak amal ibadah. 

Karena sesuai janji Alloh SWT, akan melipatgandakan segala bentuk amalan selama bulan Ramadan. Dan salah satu amalan yang cukup mudah adalah sedekah. Mudah dalam arti, kita bisa menyumbangkan berapapun jumlah dana yang kita punya untuk membantu sesama.

Bukan mau nyinyir ngurusi amalan orang lain. Tapi berbagi informasi yang bermanfaat tidak ada salahnya dong. Salah satunya adalah info tentang banyaknya bermunculan lembaga penggalangan dana akhir-akhir ini. Baik itu penggalangan dana yang bersifat untuk umum ataupun yang menawarkan menyalurkan zakat dan sedekah.

Kita juga sering menjumpai penggalangan dana yang bermunculan di media sosial. Dari mulai wakaf tanah, sedekah Al Quran, bantuan sembako sampai penggalangan dana berupa uang.

KENALI LEMBAGA YANG MENJADI PENGGALANG DONASI ONLINE

Sekarang ini sudah banyak banget aplikasi yang menyediakan jasa untuk menyalurkan sedekah kita. Baik itu sodaqoh, zakat mal, zakat fitrah, sedekah jariyah dan lain sebagainya. 

Nggak ada salahnya kita cek dan ricek sebelum memutuskan untuk memakai jasa mereka. Jadi sebelum melanjutkan niat untuk berdonasi, ada baiknya kenali dulu lembaga yang menyediakan jasa penggalangan donasi online. Yang perlu di cek antara lain adalah:

  • Cek Website. Meskipun sifatnya sosial, tapi lembaga yang mengatur soal penggalangan donasi itu biasanya cukup professional. Menggunakan website yang terpercaya juga. Jadi jangan sampai kita dibohongi mereka yang menggunakan domain gratisan. Tidak itu saja. Sekarang ini hampir semua Yayasan atau lembaga sosial juga sudah dilengkapi dengan aplikasi yang bisa di buka lewat smartphone.
  • Punya media sosial seperti instagram, twitter maupun facebook. Zaman now, hampir semua informasi akan di posting melalui media sosial. Begitu juga lembaga penggalangan dana. Hampir semua kegiatan pasti di posting dengan tujuan supaya para donator juga bisa memantau kegiatan mereka yang berhubungan dengan penyaluran dana kepada yang tepat sasaran.
  • Identitas harus jelas. Seperti alamat kantor atau lokasi, nomor telpon, termasuk surat SK resmi dari pemerintah. Bila perlu dicek lewat google, baik keberadaan maupun kapabilitasnya.
  • Cek rekening yang digunakan untuk menggalang dana. Ini termasuk poin yang paling penting. Nomor rekening biasanya atas nama Yayasan atau lembaga karena mereka pasti di bawah legalitas yang resmi. Kalau pakai nama perorangan, itu patut diragukan.
  • Laporan keuangan transparan. Semua dana yang masuk dan keluar bisa di cek melalui website atau aplikasi resmi. Sehingga masyarakat yang memberi bantuan juga akan tahu, kemana saja dana yang mereka salurkan.

Dari kesimpulan di atas, jelas kalau sebenarnya sedekah online itu akan nyaman dan aman kalau kita sudah memperhitungkan poin-poin di atas. Jadi intinya kita tidak boleh takut untuk berdonasi. Terutama di masa pandemi ini. Karena banyak aplikasi terjamin yang menyediakan jasa sedekah dan lain-lainnya. Kita bisa beramal setiap saat dan dengan rasa aman dan nyaman. Tanpa harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang luar. Cukup membuka aplikasi lewat smartphone. Setiap saat dan setiap waktu kita bisa menyalurkan sedekah yang kita mampu.

Dalam urusan sedekah, bukan masalah ikhlas dan nggak ikhlas. Tapi dana yang kita sedekahkan itu bisa tersalurkan dengan tepat dan bermanfaat. Semoga kita bisa menyalurkan sedekah di tempat yang semestinya.

Selamat bersedekah!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x