Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Penulis - Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Pilih Aplikasi Pintar Biar Puasa Nggak Batal

24 April 2021   18:10 Diperbarui: 24 April 2021   18:26 1018
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pilih Aplikasi Pintar, Biar Puasa Nggak Batal (dok.pri)

Pilih Aplikasi Pintar, Biar Puasa Nggak Batal - Ramadan tahun ini lebih asik daripada tahun kemarin. Yang sama adalah merasakan puasaan di tengah pandemi yang belum selesai. Kalau tahun kemarin masih beradaptasi dengan kondisi, kalau tahun ini bisa lebih santai karena sudah sangat menyesuaikan keadaan.

Kalau mau sedih atau protes karena virus coronces ini belum hilang dari muka bumi, tidak akan ada habisnya. Karena yang terkena musibah adalah seluruh dunia. Jadi, kita sudah harus siap dengan segala konsekuensi. Misal, peraturan pemerintah yang makin memperketat dalam urusan sholat tarawih atau pun mudik. Kita patuhi saja, karena itu untuk kebaikan bersama.

Yang lebih menguntungkan dan mengentengkan lagi adalah, teknologi sekarang makin canggih. Meskipun hanya berbekal handphone, kita masih bisa menghibur diri. Nggak usah handphone yang mahal seperti yang disebut boba-boba gitu. Hampir semua handphone sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan canggih. Meskipun itu handphone yang sejutaan. Tinggal kita yang pintar-pintar menggunakan semaksimal mungkin.

Banyak aplikasi hiburan yang bisa menemani kita hari-hari dalam melewati bulan Ramadan. Terutama menjelang buka, supaya pikiran kita tidak ke makanan dan minuman melulu hehehe.

Termasuk saya. Yang tiap hari bergumul dengan aktifitas yang itu-itu saja sebagai ibu rumah tangga. Kadang kala ada rasa bosan juga sih. Jadi hiburan yang paling murah dan gampang dengan mengutak-atik telpon pintar.

Berikut ini adalah aplikasi favorit yang sering saya pakai di bulan Ramadan, yaitu :

Bisa mendengarkan murotal setiap saat di youtube (ss youtube/Ammar TV)
Bisa mendengarkan murotal setiap saat di youtube (ss youtube/Ammar TV)
  • YouTube

  • Aplikasi ini banyak banget manfaatnya buat saya. Kita bisa mencari apapun yang kita butuhkan secara searching. Kalau saya biasanya inspirasi seputar wanita yaitu cari resep, cara memasak, seputar perawatan wajah dan tubuh, juga mengintip youtube channel milik artis-artis. Terus terang sangat menghibur banget. Selain itu, di aplikasi YouTube ini saya juga sering mencari kajian-kajian dari ustadz favorit yang sudah terkenal ataupun mencari channel murotal yaitu hafidz yang membaca ayat Al Quran. Terutama ketika saya sedang tidak sholat, maka saya mendengarkan lantungan ayat suci Al Quran lewat YouTube. Sering juga saya dengarkan menjelang tidur, sampai tertidur. Sangat praktis dan membantu menenangkan hati dan pikiran.
  • Gofood/Grabfood jadi aplikasi pilihan untuk pesan makanan (ss aplikasi grabfood & gofood)
    Gofood/Grabfood jadi aplikasi pilihan untuk pesan makanan (ss aplikasi grabfood & gofood)

  • Gofood/Grabfood

  • Kedua aplikasi ini sering banget saya buka untuk mencari promo menu makanan atau minuman. Ada kalanya saya belum sempat membuat takjil untuk buka puasa karena kesibukan. Tinggal cari menu yang diinginkan. Tapi seringnya yang punya ide adalah anak-anak. Kalau saya sih bagian order dan bayarin hehehe. Kadang dua aplikasi itu punya promo berbeda. Jadi saya memilih yang promo atau diskonnya lebih gede. Lumayan juga kan, bisa mengurangi budget.
  • WhatsApp

  • Tentunya inilah aplikasi yang sangat familiar untuk dipakai berkomunikasi sejak BB hilang dari peredaran. Tempat menjalin silaturahmi dan berinteraksi. Baik yang personil maupun yang beramai-ramai. Bisa dipakai video call lagi. Tapi kalau saya juga jadi ajang mencari job. Semua informasi ada di aplikasi ini. Karena di WA kita bisa membuat satu group seperti komunitas atau ajang ngobrol. Biasanya bahasan juga bermacam-macam. Kalau menjelang buka puasa begini, saling share foto menu buka. Bisa menjadi inspirasi teman yang lain besok untuk bikin menu buka. 

Aplikasi favorit buat pecinta drakor (ss telegram)
Aplikasi favorit buat pecinta drakor (ss telegram)
  • Telegram

  • Penggunaan dari aplikasi Telegram ini hampir sama dengan WhatsApp. Tapi saya meng-install Telegram bukan untuk chatting atau ngobrol. Tetapi buat nonton drakor. Karena nonton drakor di telegram gratis dan bisa update setiap saat. Baik itu drakor yang paling baru maupun yang lama, beberapa tahun yang lalu. Akses juga cepat. Bener-bener banyak pahalanya nih pencipta aplikasi ini. Karena dia membuat banyak ibu-ibu bahagia.

Games kesayangan di aplikasi Shopee (ss Shopee)
Games kesayangan di aplikasi Shopee (ss Shopee)
  • Shopee

  • Ini adalah salah satu aplikasi online shop. Dari sekian banyak aplikasi e-commerce, saya lebih suka menggunakan Shopee karena memakainya aman dan nyaman. Tapi saya tidak akan membahas, mengisi ngabuburit sambil ngincer baju lebaran ya buk! Karena aplikasi Shopee ini lebih banyak saya gunakan untuk bermain games. Salah dua games kesukaan saya adalah Shopee Candy dan Shopee Bubble. Lebih dari satu tahun saya asik memainkan kedua game ini, sehingga sekarang level saya sudah lebih dari 200. Dimanapun dan kapanpun, kalau lagi senggang pasti saya lebih suka bermain game ini. 

Saya lebih sering membuka aplikasi di atas buat nyari aman saja kok. Karena di bulan puasa ini, ketika kebosanan  memuncak. Kadang jari ini juga iseng buka aplikasi yang banyak mempertontonkan dari mulai keriya'an, ghibah sampai berantem di sosmed. Duh jadi ikut pusing dan nggak ada manfaatnya lagi. Boleh sih sekali-sekali mengintip, tapi nanti setelah tarweh saja *uuuppsss (becanda ding hehehe).

Dan pesan saya nih. Kalau mengutak-atik smartphone, kerjaan harus sudah beres ya buibu. Jangan sampai keasikan nonton drakor, eh magic com belum di tekan cook. Entar nggak cuman suami yang marah, anak-anak bisa demo juga lo! Hehehe

Selamat menjalankan ibadah puasa....enjoy ngabuburit!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun