mazid maulana
mazid maulana

Ukir adalah julukan kotaku, tenun adalah ikon desaku, nasi adalah mekananku, menulis adalah kecintaanku.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tebar Inspirasi, Mata Air Gelar Jelajah Pendidikan di Karimunjawa

17 April 2018   07:14 Diperbarui: 17 April 2018   08:29 260 0 0

Jepara -- Dalam rangka meningkatkan pendidikan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar, Mata Air Jepara menggelar kegiatan Jelajah Pendidikan di SDN 05 Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja Mata Air Jepara tersebut berlangsung pada Sabtu (14/04).

Ketua Panitia Jelajah Pendidikan, Muhammad Azwar Anas, mengatakan bahwa anggota Mata Air berasal dari berbagai latar belakang dan profesi mampu memberikan semangat belajar serta menggali potensi siswa.

"Setiap anak tentu memiliki potensi besar dalam dirinya, karena perlu mendapatkan semangat dan motivasi untuk mengenali potensinya sejak dini, dan melalui pendidikan yang baik, anak bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan." Katanya.

Desa Kemujan, Karimunjawa dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Jelajah Pendidikan Mata Air yang pertama karena desa terebut merupakan desa terluar dan terdepan di Jepara. "Masyarakat desa Kemujan rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan, akses pendidikan di Karimunjawa masih sangat terbatas, apalagi ke jenjang yang lebih tinggi," imbuhnya.

Harapannya, para siswa akan memiliki cita-cita yang tinggi serta menjadi lebih termotivasi untuk berusaha mewujudkannya. Bagi para relawan, Jelajah Pendidikan ini dapat memberi pengalaman mengajar pada siswa sekolah Dasar sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa.

"Melihat antusiasme peserta serta dukungan dari sekolah, perangkat desa, kecamatan, dan masyarakat, kegiatan Jelajah Pendidikan yang baru kali pertama ini akan kami laksanakan setiap tahun, agar semangat belajar semakin meluas ke pelosok Indonesia," Ujar Azwar Anas.

Acara Jelajah Pendidikan tersebut diisi dengan menuliskan cita-cita, mengenalkan potensi diri, mendongeng, game, dan diakhiri dengan pemberian donasi buku tulis kepada sekolah serta buku bacaan untuk perpustakaan sekolah.

Mata Air Jepara melalui program Jelajah Pendidikan membuka partisipasi para profesional dengan latar belakang yang beragam. Jelajah Pendidikan ini diharapkan dapat menggali potensi siswa serta menumbuhkan semangat belajar sehingga dapat memberi kontribusi nyata bagi pendidikan di Indonesia.

Guru SDN 05 Kemujan, Ali Munawar, mengapresisasi kegiatan Jelajah Pendidikan yang menurutnya sangat bermanfaat untuk siswa. "Kegiatan Jelajah Pendidikan dari Mata Air sangat bermanfaat untuk menambah semangat siswa dalam belajar, serta memiliki mimpi-mimpi yang besar" katanya.

Beliau berharap kegiatan Jelajah Pendidikan tersebut dapat dilakukan setiap tahun. "Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin, kami selalu membuka pintu bagi siapa pun yang memiliki niat mulia untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia," pungkasnya. (Mazid Maulana)