Mohon tunggu...
Maximillian KT
Maximillian KT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Financial

Memberantas Limbah Plastik sekaligus Membantu Perekonomian dengan Berinvestasi di Inocycle

9 Agustus 2022   21:05 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:15 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Limbah Plastik merupakan permasalahan global yang sudah ada sejak plastik itu sendiri diciptakan. Secara historis, plastik diciptakan oleh seorang ahli kimia asal Belgia, Leo Baekeland untuk meraup keuntungan. 

Mudahnya pembuatan produk anorganik yang berasal dari bahan dasar minyak bumi tersebut disertai dengan biaya produksi yang relatif murah membuat penyebaran limbah plastik menjadi merajalela. 

Penumpukan sampah plastik yang terdapat di berbagi tempat mulai terasa dengan terjadinya banjir, tersumbatnya aliran air, hingga kematian para fauna di lautan akibat mengonsumsi dan terpapar oleh limbah-limbah plastik tersebut. 

Menyelesaikan permasalahan ini tentu bukanlah hal yang mudah, sudah banyak para aktivis, relawan, serta pihak pemerintah yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan pemusnahan limbah plastik ini. 

Mulai dari penukaran limbah plastik dengan kupon bis umum di Surabaya yang terkenal dengan Suroboyo Bus, Penkonversian Limbah Plastik menjadi BBM, hingga program-program di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta mengenai pemanfaatan limbah plastik.

Adam Smith, seorang ekonom terkenal asal Skotlandia dalam bukunya The Wealth of Nations yang pada esensinya menekankan bahwa kepentingan pribadilah yang mendorong adanya keuntungan sosial dan bukan moralitas. 

Pasar Modal telah ada sejak zaman kejayaan VOC yang sekarang menjadi wilayah Belanda tepatnya di Amsterdam. Tahun 1602 merupakan awal-awal munculnya konsep perdagangan surat berharga ini meskipun sempat disanggah oleh seorang ekonom asal Jerman, Ulrike Malmendier yang mengatakan bahwa sebenarnya konsep perdagangan saham sudah ada sejak zaman Romawi pada masa kekuasaan Cicero.

Secara singkat pasar modal merupakan sebuah wadah dimana para investor, trader, pengusaha serta pemilik perusahaan terbuka bertemu. Para pemilik modal menanamkan uang mereka melalui broker dengan potongan fee trading dengan harapan untuk mendapat keuntungan, ada yang menjadi trader dan ada yang menjadi investor. 

Sebagai seorang mahasiswa yang tidak mendalami dan mengetahui seluk beluk teknik cara trading dan lebih berkiblat kepada investasi jangka panjang di sini saya akan mencoba mengenalkan salah satu perusahaan yang menurut saya cukup menarik untuk dilirik karena keunikannya. 

Perusahaan itu tidak lain adalah PT Inocycle Technology Group Tbk. Perusahaan dengan kode saham (INOV) ini tercatat pada tanggal 30 November 2002, didirikan pada tanggal 17 Juli 2001 dengan nama PT Hilton Felt, dan melantai di bursa saham pada tanggal 10 Juli 2019. 

PT Incocycle Technology Group Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan recycled fiber berkelanjutan ramah lingkungan terbessar yang menghasilkan produk kelas dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan