Mohon tunggu...
Jonathan
Jonathan Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Hankam Setelah Globalisasi!

2 Desember 2018   21:26 Diperbarui: 2 Desember 2018   22:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Globalisasi merupakan suatu integrasi internasional yang disebabkan oleh pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek dunia lainnya. Contoh sederhana dari globalisasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita adalah handphone yang kita gunakan sehari-sehari dalam hidup kita.

Dalam bidang pertahanan dan keamanan, globalisasi dapat kita lihat jelas dalam persenjataan yang sekarang kita miliki. Senjata yang digunakan oleh para pembela negara kami tidak lain merupakan senjata yang di produksi oleh negara lain. Kebanyakan senjata yang digunakan juga merupakan inovasi dari luar. Hal ini dimungkinkan oleh adanya globalisasi.

Tak hanya persenjataan, globalisasi juga mempermudah terjadinya komunikasi antar pasukan. Dengan adanya alat telekomunikasi, mereka dapat menyampaikan pesan dengan mudah dan pesan itu pun akan langsung sampai di regu mereka dengan cepat. Sebelum inovasi ini, sebuah pasukan harus mengirim beberapa anggota pasukan mereka menuju pasukan satunya hanya untuk menyampaikan pesan sederhana.

Pengaruh globalisasi tak hanya dibatasi dalam darat melainkan dalam udara pula. Sebelum ditemukannya pesawat, untuk berperang, suatu negara harus mengirim seluruh pasukannya dalam kapal atau berjalan. Hal ini sungguh tidak efektif sebab memakan waktu yang lama dan sangat gampang untuk di hancurkan. Inovasi pesawat tempur ini tak hanya lebih cepat dibandingkan cara-cara konvensional, mereka juga merupakan teknologi yang lebih canggih dan lebih susah untuk dijatuhkan. Pesawat atau helikopter juga dapat dengan efektif mengawasi perbatasan suatu negara dan dapat mengawasi jangkauan yang lebih luas.

Menurut saya, perkembangan ini sangat-sangat menguntungkan bagi Indonesia sebab dengan ini kami, rakyat Republik Indonesia, dapat merasa lebih aman. Negara kami juga dapat menjaga wilayah kami dengan lebih baik lagi seperti yang telah dilakukan oleh menteri perikanan kami, Susi Pudjiastuti.

VIDEO PILIHAN