Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... S1 Agronomi Universitas Jember

Usaha kecil-kecilan di rumah. Bukan reporter sembarang reporter he..he..tapi reporter Kompasiana.com. Bravo Kompasiana. Traveler berwarna. E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Es Dawet Ketan Durian yang Sueger, Cara Membuatnya Simpel dan Nggak Ribet

6 Juni 2019   10:32 Diperbarui: 6 Juni 2019   16:28 0 2 2 Mohon Tunggu...
Es Dawet Ketan Durian yang Sueger, Cara Membuatnya Simpel dan Nggak Ribet
Durian sebagai bahan baku es dawet ketan durian| Dokumentasi pribadi

Bagi sebagian orang, setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan mungkin berat badannya mengalami penurunan. Sehingga terlihat lebih langsing atau bahkan kurus. 

Bagi yang badannya terlalu gemuk mungkin merasa bersyukur dengan penurunan berat badan setelah berpuasa Ramadan namun bagi yang badannya sebelumnya memang sudah langsing mungkin merasa perlu asupan (tambahan) gizi agar berat badannya kembali normal seperti yang didambakan. 

Untuk itu tak ada salahnya mencoba mengonsumsi makanan atau minuman yang bukan saja nikmat rasanya namun juga mengandung zat gizi yang sangat diperlukan tubuh kita dalam jumlah yang cukup.

Cara membuat es ketan durian yang suegeerr  
Buah durian dikenal sebagai buah dengan bau dan rasa yang khas. Jenis tertentu, seperti durian montong biasanya dibandrol dengan harga cukup mahal terutama yang dijual di mal. Tak berlebihan bila sebagian orang menganggap durian sebagai rajanya buah.




Tidak semua orang menyukai durian, pernahkan kita dengar ada orang yang fobia dengan bau durian. Dengan baunya yang khas itu menjadikan orang yang fobia tadi menjadi mual dan akhirnya muntah-muntah padahal sebagian orang lainnya dengan gampangnya menikmati buah bernama ilmiah Durio zibethinus itu.

Buah durian bisa diolah atau dikombinasikan dengan beragam jenis makanan lainnya sehingga menjadi sebuah makanan atau minuman yang enak dan lebih disukai. Misalnya dengan mengkombinasikan buah durian dengan dawet dan ketan, alhasil jadilah dawet ketan durian yang menggugah selera. Apalagi bila ke dalam es dawet ketan durian tadi ditambahkan bongkahan es batu (es kristal) pastinya lebih suegeerr.

Cara memasak ketan tak ubahnya menanak nasi. Sebelum dikukus tambahkan beberapa helai daun pandan agar ketan yang sudah matang berbau harum. Santan dibuat dari perasan buah kelapa yang sudah tua agar kandungan santannya cukup banyak.

Dawet atau cendol bisa dibuat dari tepung beras, tapioka atau bahkan jelly (nutrijel) tergantung selera. Demikian pula dengan larutan gula, ada yang membuatnya dari gula merah atau aren. 

Bisa pula menggunakan sirup botolan. Sebaiknya penambahan larutan gula jangan terlalu manis agar rasa dan aroma buah durian tidak kalah dengan manisnya gula.

Buah durian pastinya dipilih yang sudah matang. Bisa menggunakan durian lokal maupun Thailand (Montong). Agar terasa lebih sedap dan alami, ambil saja buah durian bersama bijinya, lalu masukkan ke dalam mangkuk dawet.

Cara menyajikan es dawet ketan durian juga amat simpel dan nggak ribet. Mangkuk yang sudah terisi satu atau dua pongge (biji) buah durian lalu tambahkan ketan, dawet, santan kelapa, cairan gula dan pastinya bongkahan es batu (es kristal).  
 

Maknyus| Dokumentasi pribadi
Maknyus| Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x