Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁💪👊)

Usaha kecil-kecilan di rumah. E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Aplikasi Penting Ini Jangan Sampai Tak Terpasang di Ponsel Anda

3 Juni 2019   15:52 Diperbarui: 3 Juni 2019   15:54 0 1 0 Mohon Tunggu...
Aplikasi Penting Ini Jangan Sampai Tak Terpasang di Ponsel Anda
Ilustrasi beragam aplikasi yang terpasang di ponsel (dok.pri)

Libur hari raya Idul Fitri atau berlebaran sering dimanfaatkan orang dengan saling kunjung-mengunjungi (unjung-unjung) antar sanak keluarga. Baik yang tempat tinggalnya berdekatan maupun yang berjauhan. Selain unjung-unjung, tak sedikit yang mengisi libur lebaran dengan acara plesir (berwisata) atau bahkan berbelanja ke mal.  
 
Kehidupan masyarakat zaman sekarang tak bisa lepas dari gadget khususnya telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) atau telepon pintar (smartphone) lengkap dengan beragam aplikasi dan saluran internetnya. Selama tidur selalu ditemani HP, bangun tidur yang pertama kali diingat bukan anak, istri atau suami tapi justru ponsel. 

Di dalam tempat ibadah atau saat sedang menikmati sajian di restoran menyempatkan diri berselfie ria dengan kamera ponsel. Acara kumpul-kumpul bersama anggota keluarga besar, bukan malah bercengkrama satu sama lain untuk lebih merekatkan tali silaturahim atau saling ngobrol yang enak melainkan malah bermain HP sendiri-sendiri.
 
Pendek kata, ponsel kini menjadi benda yang amat berharga bagi kehidupan manusia. Seperti kebutuhan akan makanan dan minuman saja, nggak pegang ponsel beberapa menit atau jam saja bisa kelabakan.  
 
Pada momen libur lebaran mendatang ponsel dengan beragam aplikasinya pasti lebih menyita perhatian penggunanya. Meski tidak mudik sekalipun atau mengisi libur lebaran dengan hanya duduk manis di rumah sambil menikmati tayangan TV, ponsel lengkap dengan beragam aplikasinya harus tetap di genggaman. Apalagi mengisi libur lebaran dengan bermacam-macam acara, pastinya ponsel akan lebih berharga lagi, menjadi segalanya bagi orang-orang tertentu. Tanpa ponsel di genggaman ibarat katak dalam tempurung.
 
Beberapa aplikasi yang minimal harus terpasang dalam smartphone kita tak terkecuali dalam ponsel saya, apalagi menghadapi libur lebaran mendatang, di antaranya :  

WA (whatsapp), aplikasi ini menggunakan saluran internet. Sangat fleksibel, dengan WA seseorang bisa berkirim text message, gambar, video, pesan suara juga bisa saling telepon (voice dan video call). Jauh lebih lengkap ketimbang layanan short message service (SMS) yang terkesan konvensional dan tidak lengkap.  
 
Google, aplikasi ini dianggap tahu segalanya. Sebagian orang menyebut aplikasi ini dengan julukan lucu, mbah google. Liburan atau tidak, hari biasa maupun lebaran yang namanya aplikasi google hukumnya wajib terpasang pada ponsel kita semua. Manusia tak mungkin tahu segalanya, seberapa sih ilmu atau pengetahuan manusia maka tak ada salahnya bila menemui kendala tentang sesuatu bisa bertanya ke mbah google he..he...  
 
Google Map atau Maps, aplikasi ini sedemikian pentingnya terutama untuk membantu pencarian lokasi (tempat) tinggal saudara atau objek wisata yang tidak kita ketahui sebelumnya. Setidaknya dengan menggunakan aplikasi Google Map kita akan mendapatkan data berupa jarak tempuh dari tempat asal menuju lokasi rumah atau objek wisata yang dituju. Dengan demikian akan mudah memperkirakan berapa jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk berkendara ke sana bila menggunakan kendaraan pribadi.
 

Salah satu laman Info BMKG (screenshoot dok.pri)
Salah satu laman Info BMKG (screenshoot dok.pri)

Info BMKG, aplikasi ini memang tidak begitu basik namun cukup penting. Dari aplikasi ini kita akan mendapatkan informasi terkini secara resmi bukan hoax dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  mengenai cuaca jalur mudik lebaran serta kemungkinan terjadinya bahaya gempa bumi baik yang berpotensi menimbulkan tsunami maupun yang tidak.  

Bagi pemudik lebaran dengan tujuan pulau-pulau di luar Jawa, aplikasi info BMKG ini sangat penting. Sebab dengan aplikasi ini pula para pemudik tadi akan mendapatkan informasi seputar peringatan dini cuaca yang berkaitan dengan intensitas curah hujan, hujan yang berpotensi menimbulkan kilat dan petir serta hujan yang disertai angin kencang (badai).
 
Gojek, mengisi libur lebaran dengan saling berkunjung ke rumah saudara apalagi kalau saling berjauhan dan  dilakukan beberapa atau banyak orang daripada berkendara beriring-iringan dengan sepeda motor mungkin lebih baik kalau menyewa go-car. Selain bisa menikmati perjalanan dengan santai bahkan bisa tertidur dalam mobil juga terasa lebih nyaman dan aman ketimbang bersepeda motor yang dinilai cukup beresiko.  
 
Chrome, Firefox dan Youtube    
 
Usai unjung-unjung ke rumah saudara atau kerabat dekat lainnya, ketika  sedang santai di rumah, kesempatan yang ada bisa dimanfaatkan untuk meng-update informasi apa saja yang bermanfaat melalui media online yang cukup kredibel.
 
Berbagai media online bisa diakses lewat chrome atau Firefox. Kini sebagian masyarakat sudah familiar dengan youtube. Bagi sebagian orang nonton youtube sudah seperti nonton TV saja. Mereka bisa mengakses informasi apa saja secara real time juga dari youtube. Tak hanya itu, video tentang objek wisata yang dikunjungi atau acara kumpul-kumpul bersama anggota keluarga tercinta bisa saja didokumentasikan ke dalam akun channel youtube yang dimilikinya.
 
KM Player
 
Bersenang-senang mengisi libur lebaran kadang tak lepas dari keinginan untuk mendokumentasikan setiap momen menarik ke dalam bentuk video. Membuat video bisa dilakukan dengan kamera saku (poket) digital atau kamera video yang terpasang di ponsel.
 
Adakalanya muncul kendala ketika memindahkan file video dari kamera poket ke ponsel, muncul notifikasi kalau video tidak bisa diputar (dilihat) karena ponsel tidak dilengkapi file pendukung. Padahal momen yang terekam dalam video kamera poket tadi sangat menarik.  
 
Nah..untuk itu sebagian orang termasuk saya tak lupa melengkapi ponsel dengan aplikasi KM Player. Aplikasi ini memungkinkan bisa memainkan banyak format video termasuk format avi (audio video) yang dihasilkan kamera digital poket.
 
Setelah video berhasil diputar dengan aplikasi KM Player, video bisa dibagikan ke beragam media sosial termasuk ke akun youtube yang Anda miliki.
 
Aplikasi mobile banking  
 
Aplikasi mobile banking memungkinkan masyarakat kekinian melakukan transaksi finansial secara mudah, nyaman dan pastinya simpel (nggak ribet). Mengisi libur lebaran umumnya tak lepas dari masalah transaksi keuangan. Tarik tunai dengan kartu atau tanpa kartu serta kirim (transfer) uang untuk keluarga bisa dilakukan dengan fitur-fitur simpel hasil inovasi dunia perbankan dewasa ini.