Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁💪👊)

Usaha kecil-kecilan di rumah. E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Sedih Nggak Bisa Mudik, Tonton Aja Si Doel The Movie 2

31 Mei 2019   14:07 Diperbarui: 31 Mei 2019   14:16 0 2 0 Mohon Tunggu...
Sedih Nggak Bisa Mudik, Tonton Aja Si Doel The Movie 2
Cover Si Doel The Movie 2 (screenshoot dok.pri)

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran sudah di depan mata. Segala persiapan pastinya sudah disiapkan oleh keluarga-keluarga di Indonesia. Yang berkesempatan mudik sudah membayangkan betapa bahagianya bisa bertemu dan berkumpul kembali bersama orang tua atau anggota keluarga tercinta.  
 
Yang cuma duduk manis di rumah he..he.. alias yang nggak mudik karena alasan tertentu harap bersabar. Allah pasti memberikan yang terbaik. Yang bisa mudikpun jangan over dengan agenda acara mudiknya sebab sebaik-baik orang ialah yang paling siap (siap yang sebenarnya) dengan bekal amal sholeh untuk mempersiapkan dirinya menghadap Allah kelak nanti.  
 
Sebagian orang, terutama yang merayakan Idul Fitri atau berlebaran tentu sudah mempersiapkan diri untuk mengisi acara liburannya nanti. Selain menikmati saat-saat santai berkumpul bersama anggota keluarga tercinta, libur lebaran juga bisa diisi dengan mengunjungi objek-objek wisata, berbelanja ke mal, bersilaturahim saling kunjung-mengunjungi sesama sanak-saudara atau yang dikenal dengan istilah unjung-unjung. Atau bahkan nonton film bioskop bersama orang yang kita sayangi.
 
Nah, bicara soal film yang direkomendasikan untuk ditonton sebagai pengisi acara libur lebaran nanti beberapa diantaranya berjudul Ghost Writer, Kuntilanak 2, Hit &Run, Single 2 dan Si Doel The Movie 2.  
 
Film-film tadi merupakan film yang seratus persen karya anak bangsa. Jadi jika nonton film itu berarti sedikit-banyak telah mengapresiasi dan mengangkat martabat dunia perfilman Indonesia.
 
Menurut kabar yang beredar, tidak ada film lain yang diputar serentak mulai tanggal 4 Juni 2019 nanti selain kelima film di atas. Sebagai film yang dipersembahkan untuk masyarakat luas maka film-film karya anak bangsa tadi sudah pasti merupakan film berkualitas dan terpilih di antara film-film yang ada.
 
Film-film tadi disutradarai oleh sosok yang bukan hanya mumpuni di dunia sinematografi namun juga sangat berpengalaman. Artis-artis pendukungnya bukan hanya ganteng dan cantik namun juga sudah memiliki kemampuan berakting yang tidak diragukan lagi.
 
Beberapa film yang diputar pada libur lebaran mendatang memiliki genre yang berbeda-beda. Hal itu agar para penonton bisa memilih sesuai seleranya. Sebagai contoh film Hit & Run, film yang dibintangi aktor muda berbakat Jefri Nichole bersama aktor laga Joe Taslim, serta bintang cantik Tatjana Saphira itu sengaja diputar untuk para penonton yang memang menyukai adegan bertarung atau film action.
 
Lain lagi dengan film berjudul Ghost Writer. Film ini bergenre horor namun ada sentuhan komedi. Sehingga nggak mencekam banget. Beberapa artis pendukungnya sudah punya nama di dunia perfilman Indonesia.  
 
Sebut saja Ernest Prakarsa sebagai produser film selama ini dikenal sebagai dedengkot stand up komedi Indonesia. Sudah pasti sang produser mewarnai film yang dibuatnya. Ghost Writer dibintangi artis mudah berbakat Asmara Abigail dan Tatjana Saphira.
 
Beberapa film lainnya merupakan film yang diproduksi dan diputar dengan harapan meraup sukses seperti film pertamanya. Seperti film Kuntilanak 2, Single 2 dan Si Doel The Movie 2.  
 
Tak berbeda jauh dengan film-film asing (barat) yang juga diproduksi secara berseri seperti film Rocky (1,2,3 dan 4), film Fast and Furious (1 sampai 8 seri) dan lainnya, dengan harapan bisa mendongkrak penonton seperti film sejenis yang sudah diproduksi dan diputar pada tahun sebelumnya.
 
Seperti judulnya, film Kuntilanak 2 bergenre horor. Film ini cocok untuk mereka yang memang suka tayangan berbau mistis nan mencekam. Meski pada libur lebaran mendatang ketika umumnya orang bersuka ria dengan film-film yang ditontonnya namun penikmat film horor masih tetap berkesempatan menikmati film-film bergenre horor.
 
Film Single 2 merupakan film besutan Raditya Dika, seorang komika handal yang belakangan ini sedang mencuat debut karirnya. Film-filmnya umumnya bergenre drama dengan sentuhan komedi.
 
Rano Karno, Sang aktor legendaris  
 

Rano Karno (screenshoot dok.pri)
Rano Karno (screenshoot dok.pri)

Secara pribadi, saya merekomendasikan film berjudul Si Doel The Movie 2. Si Doel merupakan judul film yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Untuk pertama kalinya film yang dibintangi Rano Karno dengan judul Si Doel Anak Betawi diproduksi pada tahun 1972-1973. Seperti kita ketahui, Rano Karno merupakan bintang film yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan beraktingnya. Beliau merupakan seorang aktor yang bukan hanya piawai bermain film namun juga banyak menerima penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.
 
Pertama kali mengawali debut karirnya di dunia perfilman pada tahun 1971 dengan film pertamanya bertajuk Lewat Tengah Malam, seterusnya hingga sekitar 80 an lebih film dibintanginya. Pada masa itu ketika dunia perfilman belum seramai seperti sekarang, yang namanya film layar lebar baik yang diputar di dalam gedung bioskop maupun sistem layar tancap (misbar = gerimis bubar he..he..) maka yang namanya Rano Karno selalu menjadi buah bibir di antara para penikmat film layar lebar.  
 
Beberapa contoh film anak-anak yang telah dibintangi Rano Karno di antaranya ialah Malin Kundang, Si Doel Anak Betawi, Rio Anakku, Si Rano, Anak Bintang dan masih banyak lagi. Selain menjadi bintang film anak-anak di masanya, Rano Karno juga dielu-elukan kaum remaja kala itu karena kemahiran aktingnya. Beberapa film Rano Karno yang digandrungi remaja di antaranya : Gita Cinta dari SMA, Remaja di Lampu Merah, Remaja-remaja, Roman picisan, Nostalgia di SMA.  
 
Masih seputar film-film Rano Karno yang bercerita tentang percintaan di kalangan remaja antara lain : Asmara di Balik Pintu, Ranjau-Ranjau Cinta dan masih banyak lagi. Seiring dengan bertambahnya usia dan tingkat kematangan berakting maka sekitar tahun 1987 an Rano Karno tampil lagi dalam film Arini, Masih Ada Kereta yang Lewat, Macan Kampus dan Arini 2.  
 
Pada film Ranjau-Ranjau Cinta, Arini 1 dan 2 itulah Rano Karno sempat memperoleh penghargaan karena kemampuan beraktingnya. Selain itu di film-film lainnya beliau juga sering menyabet banyak penghargaan.  
 
Pada tahun 1991, saat bermain di film Taksi, Rano Karno juga mendapatkan penghargaan pemeran utama pria terbaik. Karirnya di dunia perfilman tanah air seolah tak pernah padam. Hingga pada tahun 2017 beliau masih berakting dalam film Galih dan Ratna. Pada tahun 2018 bermain lagi dalam film Si Doel The Movie. Film ini sangat fenomenal karena sebelumnya melalui dua stasiun TV yakni RCTI dan Indosiar sejak 1992 sampai 2006, Rano memproduksi sekaligus bermain dalam sinetron dengan judul dan tema yang hampir serupa yaitu : Si Doel Anak Sekolahan, Si Doel Anak Gedongan dan Si Doel Anak Pinggiran.
 

Suti Karno (Atun) dan Haji Mandra (screenshoot dok.pri)
Suti Karno (Atun) dan Haji Mandra (screenshoot dok.pri)

Film-film dengan tema Si Doel itu pastinya sedikit-banyak akan mengedukasi masyarakat penonton di Indonesia sehingga saat diputar Si Doel The Movie pada tahun 2018 maka penontonpun meledak, mereka pasti merindukan gaya bermain Sang Rano Karno.  
 
Pada liburan lebaran mendatang (sekitar 4 Juni 2019) film Si Doel The Movie 2 di putar serentak di berbagai pelosok tanah air. Selain Rano Karno film ini juga menghadirkan Maudy Kusnaedi, Cornelia Agatha yang pastinya masih terlihat anggun dan cantik. Juga Bang Mandra dan Suti Karno. Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai mak nyak juga ditampilkan meski dalam kondisi sakit. Beberapa bintang pembantu juga ditampilkan seperti ketika mereka bermain di sinetron Si Doel.  
 

Setting rumah Si Doel yang khas Betawi di perkampungan yang asri dan alami (screenshoot dok.pri)
Setting rumah Si Doel yang khas Betawi di perkampungan yang asri dan alami (screenshoot dok.pri)

Rata-rata kemampuan berakting dari para bintangnya sudah sangat mumpuni. Para penikmat film yang merindukan setting rumah dan perkampungan Betawi (Jakarta) yang masih asri serta jauh dari hingar-bingar dan gemerlapnya Jakarta asiknya memang nonton film Si Doel 2 ini.
 
Film besutan Rano Karno itu masih konsisten dengan kisah cinta segitiga antara Si Doel (Rano Karno) dengan Zaenab (Maudy Kusnaedi) dan Sarah (Cornelia Agatha) dengan embel-embel (bumbu) akting Mandra dan beberapa pemain tua lainnya.  
 
Penonton pasti dibuat terkesima dan merindukan kisah ini. Itung-itung menjadi kisah romantis yang enak ditonton sebagai pengisi libur lebaran mendatang.  

KONTEN MENARIK LAINNYA
x