Mohon tunggu...
Mauriza Rifdalia Intan D.
Mauriza Rifdalia Intan D. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Teknik Arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring

30 Juli 2021   22:25 Diperbarui: 30 Juli 2021   23:00 267 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang dirasakan oleh seluruh masyarakat. Seluruh aktifitas kehidupan masyrakat terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas, salah satunya Indonesia. Pemerintah Indonesia harus mengambil keputusan dengan menutup sekolah untuk mengurangi kontak dengan orang-orang secara massif. 

Dengan menutup sekolah, akibatnya sekolah harus melakukan pembelajaran daring. Kegiatan KKN Tematik MDBPE - MBKM tahun 2021 kali ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam permasalahan yang ada di bidang pendidikan selama pembelajaran daring. Kegiatan KKN tersebut berlangsung di SMP Negeri 12 Kota Bandung oleh salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur yang bernama Mauriza Rifdalia Intan Difasari dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Yuliawan Kasmahidayat, M.Si. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pendampingan guru, peserta dan orang tua selama pembelajaran daring.

Teknologi informasi memiliki pengaruh besar terhadap perubahan dalam setiap bidang. Salah satunya ialah perubahan pada bidang pendidikan. Dengan adanya pembelajaran daring, guru dan peserta didik dituntut harus menguasai teknologi, informasi dan komunikasi yang sudah maju. Selain itu, orang tua harus mengawasi anaknya dalam mengikuti pembelajaran daring. Sebab, teknologi, informasi dan komunikasi sangatlah luas. Terkait teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media dalam kegiatan proses belajar mengajar, yang  dapat dikatakan merupakan pergantian dari cara konvensional menjadi ke modern.  Media tersebut dapat diartikan sebagai alat grafis, fotografis, atau elektronik untuk menstimulus peserta didik agar dapat lebih aktif pada kegiatan belajar mengajar dalam bentuk informasi visual maupun verbal.

Kendala yang dialami oleh beberapa guru di SMP Negeri 12 Kota Bandung yaitu diperlukannya penyesuaian diri dalam mempersiapkan media pembelajaran daring. Ibu Ria (Humas SMPN 12 Bandung) juga mengatakan bahwasanya pembelajaran daring ini dapat menyebabkan materi yang diberikan menjadi tidak tersampaikan dengan baik dan jelas. Kemudian salah satu guru mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pun mengalami kendala ketika pembelajaran daring yaitu kurangnya ketertarikan dan mudah bosannya peserta didik dengan materi yang dijelaskan. Oleh karena itu, diharuskan membuat media pembelajaran semenarik mungkin agar peserta didik tertarik dan tidak mudah bosan ketika pembelajaran daring.

            Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan yaitu aplikasi Canva. Canva merupakan program desain online yang menyediakan beragam peralatan seperti presentasi, resume, poster, brosur, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula jenis-jenis template yang sudah tersedia untuk presentasi yang bisa digunakan seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, teknologi, grafik, dan lain sebagainya. Kemudian, terdapat beberapa kelebihan aplikasi Canva seperti berikut :

  1. Penggunaannya relatif mudah, dapat digunakan di web dalam Komputer (PC) atau mengunduh aplikasi Canva pada gawai di Play Store maupun IOS.
  2. Memiliki berbagai fitur di dalamnya seperti, template yang sudah siap pakai, mengubah model dan jenis font, mengubah warna dan background, dan lain sebagainya.
  3. Menghemat waktu dalam mempersiapkan media pembelajaran secara praktis.
  4. Mampu meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik dalam mendesain media pembelajaran.

Namun, aplikasi Canva juga memiliki kekurangan di dalamnya, yaitu pengguna harus memiliki paket data jika ingin menggunakan Canva dan desain yang disajikan dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa template yang berbayar.

Akhir kata, harapan penulis sebagai salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik MDBPE - MBKM UPI 2021 setelah mendampingi beberapa guru, peserta didik maupun orang tua peserta didik di SMPN 12 Bandung adalah guru, peserta didik maupun orang tua peserta didik mampu dalam melewati masa pembelajaran daring ini. Semoga informasi terkait aplikasi Canva ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam kegiatan pembelajaran daring.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN