Mohon tunggu...
Maulidya K U Marasabessy
Maulidya K U Marasabessy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Free

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mengamati Budaya Olahraga MMA (Mixed Martial Arts)

25 Juli 2021   14:41 Diperbarui: 25 Juli 2021   15:58 94 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati Budaya Olahraga MMA (Mixed Martial Arts)
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Secara umum pengertian olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan. 

Beladiri merupakan salah satu bentuk kegiatan olahraga yang memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Mixed Martial Arts (MMA) merupakan salah satu dari banyaknya olahraga beladiri yang selalu dinamis mengikuti perkembangan jaman. 

Fighter pada Mixed Martial Arts (MMA) memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan Fighter pada beladiri lainnya khususnya dalam hal mental dan fisik, karena dalam Mixed Martial Arts (MMA) pada saat bertanding hanya menggunakan sarung tangan tipis serta Groin Protector saja. 

Kondisi seperti ini yang menyebabkan Fighter Mixed Martial Arts (MMA) dituntut untuk  memiliki kesiapan mental dan fisik yang sangat tinggi. Motivasi utama Fighter mengikuti MMA adalah alasan Kesehatan serta pengalaman. 

Mixed Martial Arts atau MMA, juga merupakan olahraga bertarung yang menggunakan aturan serta teknik yang berbeda dengan beladiri pada umumnya. 

Banyak dari mereka yang menggunakan teknik beladiri tradisional dan nontradisional dalam sebuah kompetisi atau turnamen. Dalam pertarungan olahraga pertarungan ini teknik yang digunakan yaitu gulat dan menyerang. Teknik serangan berdiri dan bergulat pun dapat digunakan dalam pertandingan.

Hal diatas menjadikan saya sangat tertarik dengan olahraga MMA di karenakan saya yang juga sebelumnya pernah menekuni olahraga beladiri Taekwondo yang berasal dari korea. 

Terlepas dari semua itu saya sejujurnya mendapat penolakan dan respon yang kurang mengenakan dari lingkungan saya sebab saya seorang wanita, namun hal itu tidak menjadi hambatan buat saya mengembangkan hobi dan keinginan saya, malah sebaliknya saya menjadikan semua itu sebagai motivasi agar semangat saya selalu terjaga.

Terlepas dari saya yang sebagai seorang wanita saya juga ingin menunjukan sekaligus memberi pemahaman kepada lingkungan bahwa wanita juga bisa mengikuti kata hatinya dan semoga dengan ini saya harap masyarakat mampu memahami pentingnya kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari.

Berawal dari semangat dan juga keinginan untuk mengikuti Olahraga MMA sekaligus untuk merubah pola pikir masyarakat terkhusus masyarakat, yang ada di lingkungan tempat tinggal saya bahwa sejatinya olahraga sebenarnya tidak memandang gender maupun usia dikarenakan manfaat dari mempelajari olahraga ini juga dapat terlihat  dari berbagai sudut pandang yang berbeda sebagai contohnya saat kita sering berolahraga ini sangat berpengaruh baik untuk Kesehatan jantung. 

Selain itu juga dapat menurunkan berat badan, dan meningkatkan stamina. Selain manfaat dari itu juga dengan mempelajari olahraga MMA ini sangat bagus dikarenakan selain memiliki manfaat untuk menjaga Kesehatan fisik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN