Mohon tunggu...
Maulidya Ulya A
Maulidya Ulya A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tugas

Tulisanmu menjadi pilihanmu dalam beropini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Sosial Akibat Masuknya Budaya Asing

5 Desember 2021   16:00 Diperbarui: 5 Desember 2021   16:22 281 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial merupakan salah satu media yang berkembang paling pesat. Sekitar 70% dari pengguna internet diseluruh dunia, juga aktif dalam media sosial. Generasi yang tumbuh dalam budaya digital memiliki kecenderungan bersifat menyendiri atau desosialisasi (F Anwar, 2017). 

Generasi ini juga memiliki kecenderungan lebih percaya berita di media sosial daripada berita yang datang dari orang disekitarnya. Selain itu, dampak lain dari media sosial yakni masuknya budaya asing secara lebih mudah dan menyurutnya eksistensi budaya-budaya lokal.

Dari yang saya perhatikan setelah menonton short movie berjudul "Budayaku budaya indonesia bukan budaya asing!" di kanal youtub, terjadi perubahan sosial yang terjadi di kalangan remaja dimana media sosial membuat generasi muda lebih berfokus pada gadget daripada lingkungan sekitar, sehingga menjadikan para remaja lebih kurang bersosialsasi.

Selain itu, masuknya budaya asing menyebabkan masyarakat melupakan nilai-nilai moral serta kebudayaan yang ada di nusantara, membuat kebudayaan indonesia menjadi asing di telinga generasi-generasi selanjutnya. 

Perubahan sosial ini terjadi secara cepat (revolusi) sehingga membuat budaya lokal mudah terkikis dan mulai dilupakan. Hal ini menjadikan generasi muda harus lebih aktif lagi dalam melestarikan budaya nusantara agar tidak tergantikan dengan budaya asing yang masuk.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan