Mohon tunggu...
Maulidiyatul Ulya
Maulidiyatul Ulya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Dalam rangka KKN MDR URBAIN 21 IPMAFA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

21 September 2021   12:59 Diperbarui: 21 September 2021   13:03 23 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PENTINGNYA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Wabah virus corona (Covid-19) ditemukan pada hampir seluruh negara di dunia sejak awal Januari 2020. Langkah pencegahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Namun dari waktu ke waktu Covid-19 semakin menjadi dan memakan korban semakin banyak. Penerapan PHBS dengan tepat dapat memutus rantai penyebarannya, penularan covid19. 

Awal tahun 2020 ini, dunia digetarkan dengan wabah virus corona (Covid-19) yang menjalar pada hampir seluruh negara di dunia. World Health Organization (WHO) mengumumkan semenjak awal Januari 2020, seluruh dunia masuk dalam darurat global mengenai virus ini. Kejadian ini termasuk fenomena luar biasa yang terjadi di bumi pada abad ke-21. Tercatat dari tanggal 19 Maret 2020 sebanyak 214.894 orang terinfeksi virus Covid-19, 8.732 orang meninggal dunia dan pasien yang telah sembuh sebanyak 83.313 orang. Penyebaran virus Covid-19 terjadi secara cepat dan dipicu oleh perilaku manusia yang kurang menaati protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal ini mengingat bahwa Covid-19 merupakan penyakit menular.

Bila masyarakat menerapkan PHBS, penularan covid-19 dapat ditekan, sehingga dapat memutus rantai penyebarannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, diperlukan program kesehatan yang berfungsi untuk menekan kejadian penyebaran covid-19. Terlebih lagi, keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor hk.01.07/menkes/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Maka, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat akan menjadi salah satu solusi dalam membantu pemerintah guna menekan angka kejadian kasus positif virus Covid-19, meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup sehat masyarakat, khususnya di era pandemi Covid-19 saat ini.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan cerminan pola hidup keluarga untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga mampu menolong dirinya sendiri berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah salah satu bentuk perwujudan hidup sehat dalam individu, keluarga, serta masyarakat yang dapat meningkatkan dan melindungi kesehatan secara fisik, mental, spiritual, ataupun secara sosial. Perilaku sehat harus selalu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi pola kebiasaan di kehidupan.

Kegiatan edukasi pelatihan PHBS secara umum. Pelatihan cuci tangan dengan menggunakan air bersih, cara mandi yang benar dan dilanjutkan penjelasan personal hygiene. Pemahaman terhadap personal hygiene bukan hanya cara mandi namun membersihkan tubuh secara lengkap seperti keramas, gosok gigi, memotong kuku. Kebersihan tubuh merupakan dasar untuk membangun perilaku hidup sehat. Keluarga sehat, tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, produktivitas keluarga meningkat, sehingga pengeluaran biaya rumah tangga dapat difokuskan untuk pemenuhan gizi keluarga.

Peningkatan Imunitas

Meningkatkan imunitas tubuh bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan sebagai berikut; 

a. Pelatihan dan pendampingan senam kesehatan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19, berguna untuk memperlancar sirkulasi darah, meredakan nyeri sakit kepala, memperlancar pencernaan, meredakan kecemasan, memperlancar kecemasan. Senam imunitas merupakan senam yang mudah dilakukan oleh semua kelompok umur. Terdiri 5 gerakan inti yaitu 

1) Gerakan bertepuk tangan caranya rentangkan tangan kedepan lalu tangan bertepuk gerakan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah karena di area ini terhadap titik acupoint yang istimewa yaitu titik hegu, hegu merupakan titik yang paling fenomenal dalam terapi akupresur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan