Mohon tunggu...
Maulida Sapira
Maulida Sapira Mohon Tunggu... Mahasiswa

be yourself and never surrender

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online

15 Mei 2020   12:32 Diperbarui: 15 Mei 2020   12:24 139 1 0 Mohon Tunggu...

Dampak positif dan negatif bermain Game Online

Dengan adanya Virus COVID-19 ini pasti kalian lebih banyak dirumah dibandingkan keluar rumah dengan keadaan yang seperti ini. Jika kalian dirumah pasti kalian lebih sering bermain gadget dirumah dan digunakan untuk beberapa hal, seperti bekerja dirumah, belajar dirumah, dan tak lupa untuk bermain Game Online.


Kalian pasti tau kan apa itu Game Online?


Nah Game online itu sendiri adalah permainan yang biasanya di mainkan untuk menyenangkan diri dan menjadi teman di saat keadaan sedang bosan atau boring, permainan yang biasanya menggunakan gadget dan memerlukan kuota internet.


Game online
sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, Semakin lama, permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya. Tak kalah juga bervarisasinya tipe permainan seperti permainan perang, petualangan, perkelahian dan game online jenis lainnya yang membuat menariknya permainan. Semakin menarik suatu permainan, semakin banyak orang yang memainkan game online tersebut.Cara bermain game online ini sangat berbeda dengan permainan tradisional yang lebih banyak mengandalkan  tenaga untuk memainkannya. Game online ini justru cenderung menggunakan kemampuan otak untuk berpikir, serta kelincahan tangan terutama jari-jemari dalam mengotak-atik permainan.

Gimana si perasaan kamu setelah memainkannya? Apakah semakin berani, menyesal, atau ketagihan?


Perasaan seseorang ketika bermain Game Online itu berbeda beda, ada yang hanya menjadikan Game Online sebagai sarana hiburan disaat jenuh saja, dan ada pula yang memang ingin bercita cita menjadi Gamers sehingga dia sangat menekuninya sekali dalam bermain Game Online itu sendiri.


Untuk kalian yang sering main game, mungkin ada yg membuat kita jadi kecanduan main game online tersebut. ada pengaruhnya loh ternyata


 A. Dampak Positif
1. Pemain dapat bersosialisasi dengan player lain tanpa dibatasi ruang dan waktu
2. Melatih respon cepat berpikir dan bertindak
3. Kreatif dalam membuat game online menjadi Bisnis
4. Punya teman di berbagai daerah dan bahkan negara
5. Mempunyai rasa kepedulian dengan membantu teman yang baru merasakan bermain Game Online

B. Dampak Negatif
1. Kurang mengenali lingkungan sekitar
2. Kurang menjaga kesehatan dan kebersihan diri
3. Melalaikan tugas atau  kewajiban di rumah / sekolah / dll.
4. Dibilang nolep, freak dan segala macem
5. Boros karena beli voucher kuota
6. Menghabiskan uang untuk membeli diamond

Kita tahu juga bahwa #dirumahAja itu sangat membosankan, tetapi itu adalah langkah terbaik untuk memutuskan rantai virus corona ini, jadi dari dampak negatif dan positif yang sudah dipaparkan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa game online bisa di manfaatkan selama kegiatan #dirumahAja ini, dari pada melalukan kegiatan lain diluar rumah yang mengandung resiko kesehatan.


Tetapi segala sesuatu dikerjakan tidak berlebihan, termasuk game online ini. Dilakukan saat waktu senggang, bukan malah mengambil waktu utama kita di kegiatan utama kita.

"lakukanlah sesuatu tidak secara berlebihan, karena yang berlebihan tidak akan berdampak baik untuk kehidupan"

VIDEO PILIHAN