Mohon tunggu...
aldosfm
aldosfm Mohon Tunggu... skuy

mulai aja dulu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Covid-19 dan Pembagian Masker sebagai Upaya Preventif Penyebaran Penyakit

4 Juli 2020   00:16 Diperbarui: 4 Juli 2020   00:22 20 0 0 Mohon Tunggu...

Demak, Jawa Tengah -- telah dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Kembangarum RRT 05 RW 02, Kecamatan Mranggen.. Program yang dilaksanakan yaitu edukasi penyakit COVID-19 terhadap masyarakat setempat. Selain itu juga dilakukan pembagian masker dan handsanitizer.

Pemilihan program ini dilatarbelakangi karena keharusan sebagian masyarakat untuk tetap bekerja di situasi pandemi ini, sehingga bekal berupa pengetahuan dan wawasan tentang COVID-19 bisa menjadi antisipasi penyebaran penyakit. Program dilaksanakan pada tanggal 14 Mei -- 18 Juni 2020 oleh Maulana Firdaus S selaku mahasiswa UNS.

Pelaksanaan program dilakukan secara fleksibel tergantung dari waktu luang sebagian warga ketika akan disampaikan edukasi di grup whatsapp. Edukasi dilakukan dengan memberikan poster dan video tentang COVID-19 ke grup, lalu dilanjutkan dengan tanya jawab di grup mapun japri. Pelaksanaan program tentunya melibatkan ketua RT sebagai bentuk koordinasi.

Program lainnya yaitu pembagian masker dan handsanitizer dilakukan 2 kali yaitu Minggu, 7 Juni 2020 dan 8 Juni 2020 di masyarakat setempat. Selama membagikan, Maulana juga tetap menerapkan protocol Kesehatan berupa pemakaian masker dan tetap menjaga jarak. Selain masyarakat setempat, pembagian ini juga dilakukan kepada para pekerja home industry yang masih berada di lingkungan Kembangarum RT 05 RW 02.

Adanya program ini diharapkan masyarakat lebih paham akan situasi yang sedang terjadi dan juga cara menyikapi dengan benar. Masker dan handsanitizer yang dibagikan juga diharapkan dapat menunjang pelaksanaan protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat.

VIDEO PILIHAN