Mohon tunggu...
maulana afwannur
maulana afwannur Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Perkenalkan Nama saya maulana afwannur dari universitas palangkaraya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemahaman tentang Pasar Monopolistik dan Oligopoli di Dunia Pasar Persaingan Tidak Sempurna

29 November 2022   08:28 Diperbarui: 30 November 2022   19:45 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MAULANA AFWANNUR

FAKULTAS EKONOMI & BISNIS

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

Pasar yang kita tahu pasar adalah tempat belanja Sebenarnya kurang tepat, pasar adalah suatu tempat belanja yang mempengaruhi 2 interaksi yaitu antara pembeli dan penjual Yang melakuan transaksi menjual dan membeli barang atau jasa dan pasar merupakan sarana pusat perbelanjaan yang sangat lengkap. salah satu jenis pasar itu ada PasarMONOPOLISTIK dan ada Pasar OLIGOPOLI kedua pasar ini adalah salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna.

Berikut penjelasan tetang pasar monopolistik dan oligopolio:

A.PENGERTIAN PASAR MONOPOLISTIK

Pasar monopolistik merupakan pasar yang memilik banyak pembeli atau konsumen yang menghasilkan suatu benda nyata yang gampang di perdagangkan atau di jual,Pasar monopolistik Juga di sebut pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar monopolistik adalah pasar yang memproduksi barang yang memiliki kesamaan dengan perusahaan-perusahaan lainnya dan memiliki kegunaan yang sama, tetapi memiliki ciri khas masing-masing dari segi produksinya entah itu dari kemasan,kualitas produk,rasa dll,pasar ini juga mudah di temui karna banyak terjual di enceran atau toko.dalam pasar monopolistik konsumen tidak akan peduli dengan persaingan harga mereka,karna konsumen pastinya memiliki ciri khas atau rasa tersendiri terhadap produk tersebut,maka dari itu pasar monopolistik adalah pasar yang selalu berperan aktif dalam mempromosikan barang yang di produksinya entah itu melalui iklan maupun media masa guna untuk meningkatkan pedapatan serta menjaga nama baik perusahaan dan Pasar monopolistik memiliki jumlah produsen atau penjual yang banyak di dalamnya.

*Pasar monopolistik memiliki beberapa ciri, ciri tersebut adalah:

1.Memiliki banyak para penjual atau para produsen didalam pasar.

2.Memproduksi barang yang sama tapi memiliki perbedaan dari segi kemasan,bentuk dan yang pasti kualitasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun