Politik

Keadaan Sosial Politik di Zaman Modern

14 Maret 2018   13:40 Diperbarui: 14 Maret 2018   13:42 1493 0 0

Sosial politik merupakan ilmu tentang kekuasaan, pemerintahan dan komando semua masyarakat, tidak hanya dalam masyarakat nasional saja. Karena masyarakat menjadi penghubung  antara sosial dan politik itu sendiri. Jadi dalam politik kita tidak bisa lepas dari peranan masyarakat. Karena pada intinya masyarakatlah yang menjadi pelaku politik itu sendiri.

Pada saat ini, masalah politik yang dihadapi negara kita Indonesia ini yaitu, banyaknya partai politik yang memilih selebritas tanah air, untuk dijadikan anggota partainya, denagn tujuan rakyat lebih memilihnya karena kemasyhuran atau kepopulerannya. Padahal kinerja dari para selebritis tersebut tidak menjamin, ketika hanya mengandalkan kepopulerannya. Karena yang sebenarnya dibutuhkan dalam dunia kepolitikan kinerja optimal yang dapat menjadikan politik Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seharusnya suatu partai harus memilih dengan adil dan bijaksana tentang siapa anggota yang mahir pada bidangnya.

Kemudian masalah lain yang dihadapi Indonesia pada saat ini, yaitu hilangnya nilai pancasila dalam lingkungan masyarakat dan kepolitikan. Pancasila sudah tidak diamalkan lagi sebagai dasar negara, Dan nilai pancasila tidak lagi dijunjung tinggi serta tidak dihiraukan lagi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pancasila seharusnya menjadi pedoman atau landasan pertama dalam dunia kepolitikan. Namun yang terjadi pada saat ini adalah sebaliknya.

Hal ini sanat disayangkan, karena pancasila lahir dari bangsa ini sendiri untuk menjadi dasar negara dan juga sebagai simbol dari negara ini. Kita tidak boleh menjadi bangsa yang lemah, menjadi bangsa ynag hanya memikirkan nasib sendiri. Dan kita tidak boleh menjadi bangsa yang hanya ikut-ikutan menyebabkan suatu berita yang menimbullkan kerugian bagi ornag lain, dan hanya memprotes atau berkomentar tanpa memberi solusi.

Kita harus merubah hal yang demikian ini, kita harus mulai berpikir kritis untuk kemajuan bangsa dan harus menemukan jalan keluar atau solusi, tidak hanya menanggapi. Dan kita juga tidak boleh bersikap acuh tak acuh terhadap persoalan yang ada.

Kekayaan yang kita miliki yang berupa keragaman adalah asset terbesar untuk menunjukkan pada dunia, bahwa akita mampu bersatu. Nah, dunia politik inilah yang bisa menjadi wadah untuk menyalurkan pikirandan aspirasi kita dakam mewujudkan kemajuan bangsa. Dan adanya masalah harus kita jadikan sebuah motivasi untuk menjadiakn persatuan dalam bangsa ini.