Mohon tunggu...
BeritaUtamaKalbar
BeritaUtamaKalbar Mohon Tunggu... Kalbar

Pontianak

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Solidaritas BPAN Kalbar untuk Brigita Salita Deta

1 Desember 2018   21:35 Diperbarui: 1 Desember 2018   21:42 242 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Solidaritas BPAN Kalbar untuk Brigita Salita Deta
Foto: BPAN Kalbar

Solidaritas merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh manusia dalam kaitannya dengan ungkapan perasaan manusia atas rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain maupun kelompok.

Makna solidaritas dekat dengan makna rasa simpati dan empati karena didasarkan atas rasa kepedulian terhadap orang lain maupun kelompok. Pembedanya, rasa solidaritas ini tumbuh di dalam diri manusia karena adanya rasa kebersamaan dalam kurun waktu tertentu.

Rasa solidaritas erat kaitannya dengan rasa harga diri seseorang maupun harga diri kelompok. Rasa solidaritas yang tumbuh di dalam diri manusia untuk kelangsungan hubungannya dengan orang lain maupun kelompoknya dapat menjadikan rasa persatuan yang dimiliki menjadi lebih kuat dan mantap.

Rasa solidaritas yang dimiliki oleh seseorang terhadap orang lain maupun kelompoknya adalah suatu bentuk ungkapan dari penerapan pancasila.

Foto: BPAN Kalbar
Foto: BPAN Kalbar
Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Kalimantan Barat melakukan aksi Solidaritas untuk Pasien yang bernama "Brigita Salita Deta", yang berusia (5bln). Anak dari pasangan bpk/ibu Yohanes Toni dan Agusta Paulani. Asal daerah Tiang Tanjung, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

Brigita Salita Deta mengalami penyakit Atresia Bilier kelainan dari lahir tertutupnya saluran empedu. Karena keterbatasan Ekonomi, Brigita harus menunda Operasinya.
Mathias, Kordinator Lapangan aksi Solidaritas yang dilakukan BPAN Kalbar ini mengatakan bahwa aksi ini berangkat dari kesadaran rasa kemanusiaan.

"Aksi sosial ini kita lakukan dalam rangka membangun rasa Solidaritas, menciptakan rasa kepedulian pemuda terhadap sesama. Seperti yang kita ketahui bersama, di era atau jaman seperti ini sangat jarang kita temui pemuda yang melakukan aktifitas seperti ini dan apatis terhadap sesama."

Dengan harapan merajut kembali rasa solidaritas atau rasa kepedulian pada sesama, BPAN Kalbar mengajak seluruh pemuda untuk aktif dalam melakukan aksi-aksi sosial.

"Kami generasi optimis bangsa ini, yang terus berjuang menebarkan kebaikan dan kebajikan dan menyadari bahwa kita sebagai pemuda harus belajar berproses dari dasar." Tambahnya

Mathias, F. Xaverius Govin, Pirmina Herianto, Lusiana, Rino, Hardiansyah langsung mendatangi ke kediaman Paman dari Brigita, memberikan donasinya yang beralamat di Jln Karet, Komplek Nuansa Alam, No. A30 Pontianak Barat.

Sedikit banyak semoga dapat meringankan dan bermanfaat bagi Brigita dan Keluarga.

Penulis : Sekum BPAN Kalbar
bpan@aman.co.id
www.bpa-nusantara.org

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x