Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Mengapa Makan Bersama Keluarga Begitu Penting?

16 Oktober 2023   17:53 Diperbarui: 16 Oktober 2023   19:54 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi makan bersama keluarga|freepik.com

Kesehatan adalah hal yang mahal untuk didapat saat ini. Resiko mengidap penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung koroner, dan obesitas semakin meninggi setiap tahunnya.

Setelah mendengar podcast tentang kesehatan berjudul A Simple Way To Fix Your Diet & Lifestyle To Live Longer & Healthier dengan pemateri Shawn Stevenson, saya semakin menyadari betapa kurangnya pemahaman kebanyakan kita tentang makanan sehat. 

Menurut Shawn, pola makan sehat dimulai dari kebiasaan keluarga makan bersama di rumah. Namun, tanpa memahami nilai kesehatan dengan benar, makanan yang dikonsumsi malah membawa dampak buruk bagi kesehatan keluarga.

Makanan dan minuman yang dijual dimana saja saat ini mengandung gula yang tanpa kita sadari membawa dampak negatif bagi tubuh. Mungkin, kita tidak menyadari betapa minuman botol yang dikonsumsi anak-anak kita dalam waktu panjang melemahkan fungsi organ tubuh mereka dan menjadikan sarang penyakit yang sulit disembuhkan.

Shawn sendiri tumbuh besar di Missouri, Kansas, Amerika Serikat. Pemahaman tentang makanan sehat baru ia dapat saat menjalani pendidikan tentang nutrisi. Kawasan tempat ia tinggal sama sekali tidak mengajarkannya tentang makna hidup sehat.

Selain itu, makanan dan minuman cepat saji yang berjarak beberapa kilometer dari rumahnya menjadi sumber kebiasaan makan tidak sehat. Ditambah dengan minimnya waktu bersama dalam keluarga.

Dalam beberapa studi terkini, Shawn membeberkan bahwa rata-rata anak-anak di Amerika sangat mudah terjangkiti obesitas karena faktor makanan cepat saji yang semakin mudah didapat.

Setidaknya, ada tiga kunci penting untuk mengubah kebiasaan makan yang mungkin saja selama ini telah salah kita pahami. Mari kita bahas dibawah ini:

1. Pahami Nilai Kesehatan

Tanpa memahami makna kesehatan dengan, maka sulit sekali melahirkan kebiasaan makan sehat. Dalam aspek terkecil, keluarga menjadi bagian yang paling penting untuk mengenalkan pola makan yang sehat pada anak. 

Penggunaan plastik yang kian marak di pasaran juga memperburuk keadaan. Makanan panas yang baru masak dituangkan ke plastik menyebabkan aktifnya zat kimia yang bisa membahayakan tubuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun