Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Menyulap Warung Kelontong menjadi Betamart

28 November 2022   15:25 Diperbarui: 1 Desember 2022   12:13 738
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar toilet di Jepang. (sumber: Press.ikidane-nippon.com

Di tulisan sebelumnya, saya membahas tentang cara mendapatkan ide untuk membangun bisnis. baca disini. Tulisan ini melanjutkan apa yang sudah sebelumnya saya tulis, sebuah ungkapan day toilet seat idea.

10 tahun silam saat berada di Tokyo dari bandara interational O'hare, Chicago, saya dan teman-teman 'terpaksa' bermalam di sebuah hotel mewah di dekat bandara Narita, Tokyo. 

Ini berawal dari musibah kecil dimana pesawat yang kami tumpangi harus delay akibat cuaca buruk. Kebetulan saat itu salju masih turun di beberapa negara bagian Amerika, akibatnya jadwal penerbangan ke Jepang tertunda sampe 6 jam lebih.

Bersebab kejadian ini, kami mendapat hak khusus untuk menikmati fasilitas hotel mewah di Tokyo karena pesawat selanjutnya ke Singapur baru bisa terbang esok harinya.

Nah, saat itu saya kebelet ingin buang air kecil dan segera menuju toilet di kamar yang kami tempati. Saya berusaha mendorong pintu kedepan, rupanya harus didorong kesamping. Sial, saya lupa kalau sedang berada di Jepang.

Selanjutnya, saya melihat ke arah toilet. Ada sesuatu yang berbeda yang seumur hidup baru saya lihat di Jepang, bahkan selama di Amerika saya tidak pernah sekalipun melihat toilet secanggih ini.

Toilet di Jepang sangat unik!. ada lebih dari lima tombol yang memiliki fungsi berbeda. Mau siram air harus pencet tombol khusus, mau airnya kencang tekan tombol lain, sampai ada tombol musik pula. Saya pikir, ini toilet apa tempat konser. hehe

Akhirnya, niat ingin buang air kecil tiba-tiba hilang seketika. Berulang kali saya coba tapi tetap tidak bekerja, rupanya harus duduk dulu baru tombolnya aktif. Sungguh terlaluuuuu!

Toilet dan Konsep Bisnis

Memori toilet di Jepang kembali hadir di pikiran saya karena sebuah video yang saya tonton tentang ide bisnis. Istilah day toilet seat idea memang sangat unik.

Jujur saya tidak memahami apa hubungan antara toilet dan bisnis. Lalu, selesai menonton video tersebut, saya baru bisa memahami dengan utuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun