Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mengenal Ungkapan Idiomatik dalam Bahasa Inggris

18 Oktober 2022   18:16 Diperbarui: 18 Oktober 2022   18:18 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Idiom merupakan frasa yang memiliki makna tersendiri dalam bahasa Inggris. Uniknya, idiom tidak bisa diartikan secara literal dengan menerjemahkan kata per kata. Idiom sering dipakai sehari-hari dalam percakapan antara penutur asli dan lebih terdengar tidak resmi (informal)

Mempelajari idiom memberikan wawasan baru untuk bisa memakai bahasa Inggris lebih ekspresif dan komunikatif. Orang yang mampu menggunakan idiom dengan baik akan memiliki skil berbicara lebih baik.

Yuk, mari kita bahasa beberapa idiom yang bisa kita gunakan sehari-hari. let's check this out!

A roller coaster 

Biasanya idiom ini dipakai untuk membicarakan pengalaman hidup yang naik turun. Layaknya, roller coaster yang bergerak naik dan turun, idiom ini menggambarkan kondisi kehidupan yang fluktuatif.

Cross the bridge when we come to it 

Idiom ini identik dengan masalah yang datang kemudian. Jadi, saat seseorang membicarakan tentang kemungkinan masalah yang akan datang, idiom ini bisa dipakai untuk mengatakan bahwa kita perlu fokus pada keadaan saat ini.

Sama persis seperti sebuah jembatan yang baru kita naiki saat berada tepat di jembatan, ketika berada jauh dari jembatan maka kita tidak perlu memikirkannya.

Kick the habit

Nah, jika kamu sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk, maka idiom ini cocok untuk digunakan. Idiom ini menggambarkan keberhasilan saat mampu menghentikan sesuatu yang kita anggap buruk dan sudah menjadi kebiasaan dalam hidup.

Recharge your batteries

Saat kita kehabisan tenaga setelah melakukan aktifitas berat, kita bisa berkata let's recharge our batteries. Ungkapan ini bertujuan untuk melakukan aktifitas yang dapat mengembalikan tenaga yang sudah kita habiskan sebelumnya.  

Under the weather

Gunakan ungkapan ini untuk memberitahu bahwa kita dalam keadaan kurang sehat. Jadi, saat seseorang mengajak kita berliburan namun kita sedang tidak sehat, katakan I'm not gonna make it because I am under the weather. 

Under the table

Berbeda dengan under the weather, ungkapan under the table digunakan untuk sesuatu yang bersifat rahasia. Umumnya frasa ini lebih sering mengarah kepada ilegal. Misalnya, saat seseorang mendapatkan pekerjaan yang tidak resmi secara hukum, maka ungkapan ini bisa digunakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun