Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Suka mengeksplorasi dunia parenting dan anak-anak. email : masykurten05@gmail.com Kunjungi: www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

4 Tips Menjawab Soal TOEFL Listening Short Conversation

2 Agustus 2022   16:44 Diperbarui: 2 Agustus 2022   16:48 198 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: https://www.edupac-id.com

Tulisan kali ini khusus membahas tentang tips menjawab soal short conversation di TOEFL ITP. Perlu diketahui bahwa, ada 30 soal short conversation dengan bobot nilai 51 jika berhasil menjawab semua soal.

Ini berarti, jika anda bisa menjawab short conversation saja dengan mudah anda bisa mendapatkan skor 51 khusus pada bagian listening.

Nah, bagaimana sih cara memahami soal short conversation?

Pada dasarnya semua soal short conversation memiliki jebakan yang sama, yaitu bunyi yang sama dengan pilihan jawaban. Jadi, tips pertama, hindari memilih jawaban yang bunyinya sama. Ingat ya! bunyi yang sama, bukan kata yang sama.

Tips kedua, usahakan selalu membaca keempat pilihan jawaban terlebih dahulu sebelum mendengar audio yang diputar. Dengan kata lain, coba cari keywords atau kata kunci dari setiap pilihan A,B,C,D. Tujuannya, agar kita bisa menebak pembicaraan yang akan kita dengar berkaitan dengan apa.

Tehnik seperti ini dinamakan listening with purpose yaitu mencoba mendengar dengan tujuan. Jadi, bukan sekedar mendengar saja. Ini akan membantu otak untuk mengaitkan informasi dengan mudah.

Tips ketiga, fokus pada pembicara kedua. Soal TOEFL short conversation umumnya menitikberatkan jawaban pada orang kedua, hampir 90% soal mengarah ke inti pembicaraan orang kedua.

Ketika mendengar dua pembicara, fokuslah pada pembicara kedua lebih detail. Perhatikan contoh soal dibawah ini:

Dokumen soal ETS: ets.org
Dokumen soal ETS: ets.org

Nah, lihatlah respon pembicara kedua, kalimat "yes, I may be short one course" memiliki kata kunci yaitu "short". Namun, kita perlu mengetahui apa arti kata "short" disini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan