Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Umur Tiga Tahun, Ajarkan Anak Dua Hal ini

2 Desember 2021   15:33 Diperbarui: 2 Desember 2021   15:48 116 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar: www.nationwidechildrens.org

Dalam konsep mengasuh anak, orangtua perlu memahami beberapa tahapan pencapaian (milestone) seorang anak. Di tulisan ini ada dua hal yang bisa diajarkan orangtua untuk anak di usia tiga tahun.

1. Menghadirkan Rasa Aman bagi Anak

Saat berumur tiga tahun, seorang anak akan mulai mandiri. Kemandirian membuat anak ingin mencoba hal-hal baru yang belum pernah dicoba. Pada tahapan ini orangtua perlu mengajarkan anak kehati-hatian.

Anak harus dibimbing dan dipandu untuk memahami cara menjaga diri dan bersikap hati-hati. Misalnya, saat bermain di luar rumah anak penting untuk diajarkan hal-hal dasar kehati-hatian.

Beberapa hal yang bermanfaat diajarkan adalah: Tidak bermain di jalanan, menghindari kendaraan dan tidak berlarian di tempat yang bisa berbahaya bagi anak.

Di umur tiga tahun, anak juga sudah bisa diajarkan untuk memakai pengaman seperti helem sebagai proteksi saat berkendaraan. Begitu juga saat di air, anak perlu diajarkan untuk tidak bermain di area air

Alangkah lebih baiknya, anak diajarkan cara berenang jika orangtua bisa menfasilitasi skil penting ini. 

2. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Untuk menghadirkan pemahaman hidup sehat, ajak anak untuk makan bersama orangtua setiap hari. Biarkan anak melihat ayah dan ibu memasak makanan yang sehat di rumah dan menghabiskan waktu makan bersama-sama.

Batasi anak membeli jajanan di luar, terlebih makanan yang mengandung gula, seperti permen, coklat, kue yang mengandung gula berlebihan. Hidup sehat harus dimulai dari dalam rumah oleh orangtua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan