Mohon tunggu...
Toto Sudiyanto
Toto Sudiyanto Mohon Tunggu... Guru - SMKN 1 Bongas - Indramayu

CEO dan Founder di TOSU NET MEDIA - https://www.tosupedia.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

2 Desember 2022   11:38 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:45 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak), Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMKN 1 BONGAS - Indramayu

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan Aksi PPL 1:

Meningkatkan keaktifan peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada materi mengevaluasi permasalahan jaringan NAT.

Tujuan Rencana Aksi 2:

Meningkatkan hasil belajar  peserta didik melalui model Problem Based Learning materi mengevaluasi proxy server.

Tujuan Rencana Aksi 3:

Memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik melalui model Problem Based Learning pada materi manajemen bandwidth.

Tujuan Rencana Aksi 4:

Meningkatkan pemahaman melalui media pembelajaran yang menarik peserta didik melalui model Problem Based Learning pada materi load balancing

Penulis: Toto Sudiyanto, S.Kom

Tanggal: 2 Desember 2022


Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab Anda dalam praktik ini.


1.   Motivasi belajar peserta didik belum maksimal

2.   Rendahnya hasil belajar pada peserta didik

3.   Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi

4.   Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran atau belum menggunakan media pembelajaran secara optimal

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besardan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

1.   Model dan metode pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

2.   Menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

3.  Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik atau meningkatkan motivasi belajar siswa.

4.   Proses pembelajaran lebih terstruktur.

5.   Guru berperan sebagai fasilitator.

6.   Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus dan pembelajaran lebih menarik.

7.   Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan atau sesuai harapan.

 

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktik pembelajaran ini adalah:

1.   Memperoleh bimbingan dalam persiapan pelaksanaan PPL siklus ke-1 dan siklus ke-2.

2.   Berdiskusi dan mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus ke-1 dan siklus ke-2 bersama dosen, guru pamong, rekan-rekan mahasiswa PPG.

3.   Melakukan revisi perangkat pembelajaran PPL siklus aksi ke-1 dan siklus ke-2 berdasarkan dari hasil presentasi dan diskusi yang telah dilakukan.

4.   Menyiapkan perangkat pembelajaran ke-1 dan ke-2, selanjutnya mengunggah di LMS.

5.   Melaksanakan PPL siklus aksike-1 dan siklus ke-2 dan mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL tersebut.

6.   Melakukan editing hasil rekaman pelaksanaan PPL siklus ke-1 dan siklus ke-2 menjadi durasi 30 menit.

7.   Melakukan unggah link video asli, link video editan PPL siklus aksi ke-1 dan siklus ke-2 di LMS.

Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.



Tantangan : 


Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,


Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah:

1.   Motivasi belajar peserta didik.

2.   Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran.

3.   Kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan.

4.   Pendidikan karakter baik dalam proses maupun setelah proses pembelajaran.

5.   Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran mandiri dan kelompok pada saat proses pembelajaran.

 

Yang terlibat pada PPL siklus aksi ke-1 adalah:

1.   Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.

2.   Guru sebagai fasilitator.

3.   Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan PPL siklus aksi ke-1.

4.   Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

5.   Pihak sekolah yang menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ini.

 

Yang terlibat pada PPL siklus aksi ke-2 adalah:

1.   Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.

2.   Guru sebagai fasilitator.

3.   Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan PPL siklus aksi ke-2.

4.   Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

Pihak sekolah yang menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ini.


Aksi : 


Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini


Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:

1.  Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian),menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan saintifik, TPACK, model PBL, metode pembelajaran).

2.   Mempersiapkan fasilitas yang diperlukan.

3.   Mencari lokasi signal yang stabil yang ada di kelas/lab komputer sehingga bisa online dengan dosen dan guru pamong.

4.   Mendapat dukungan dari kepala sekolah

Memerlukan kerja sama antara peserta didik dan teman sejawat yang membantu pada saat pengambilan video.


 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif?Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadifaktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apapembelajaran dari keseluruhan proses tersebut 


Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah:

1.   Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.

2.   Hasil belajar peserta didik meningkat.

3.   Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

4.   Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.

 

Apa hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasil dari kegiatan yang dilakukan sangat efektif karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

1.   Respon dari peserta didik sangat senang dengan pembelajaran ini.

2.   Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

3.   Rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan.

 

Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah:

1.  Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran.

2.   Situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL siklus aksi ke-1 dan siklus ke-2.

3.   Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL siklus aksi ke-1dan siklus ke-2.

4.   Penguasaan guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah dibuat.

5.   Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan.

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

1.   Peserta didik termotivasi dalam belajar dan hasil belajar pun meningkat.

2.   Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib.

3.   Peserta didik lebih tertarik dan fokus.

4.   Pembelajaran lebih bervariasi.

5.   Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun