Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Gunungkidul Hidupkan Laut, Menghidupkan Masyarakat Pantai

8 Juni 2021   20:31 Diperbarui: 8 Juni 2021   21:00 78 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gunungkidul Hidupkan Laut, Menghidupkan Masyarakat Pantai
Pantai Kukup (yogyes.com)

Tahun 60-an Gunungkidul terkenal sebagai daerah paling tandus. Curah hujan yang rendah. Hanya tanaman singkong yang sanggup tumbuh.

Sehari-hari penduduk mengkonsumsi nasi thiwul. Makanan pokok yang diolah dari tepung singkong. Mengenyangkan karena kaya karbohidrat. Tapi rendah gizi.

Lingkungan yang gersang menempa penduduknya menjadi manusia-manusia tangguh. Pekerja keras.

Sekarang Gunungkidul bukan lagi sebagai daerah yang gersang. Gunungkidul yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 190. Menjelma menjadi kabupaten di Di Yogyakarta yang ijo royo-royo.

Embung Nglanggran (tribunnews.com)
Embung Nglanggran (tribunnews.com)

Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Menjadikan laut sebagai destinasi wisata. Menghidupkan laut untuk memberikan kehidupan yang lebih baik. Terutama kepada masyarakat pesisir.

Wisata sudah menjadi andalan pendapatan asli daerah kabupaten Gunungkidul. Potensi wisata terutama wisata laut dioptimalkan. Sarana penunjang pun disediakan untuk menghdupkan pantai-pantai selatan Gunungkidul.

Obyek Wisata di Gunungkidul

Gua Pindul (garasijogja.com)
Gua Pindul (garasijogja.com)

Sampai tahun 80an. Masyarakat hanya mengenal pantai Baron, Krakal dan pantai Kukup sebagai tempat tujuan wisata. Sekarang puluhan pantai dan gua alami tersaji sebagai obyek wisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN