Mohon tunggu...
Masniari Angelika
Masniari Angelika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Buruan Sae Ngorejat di RW 03 Kelurahan Wates

20 Agustus 2022   14:26 Diperbarui: 20 Agustus 2022   14:29 75 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Buruan sae , apa itu Buruan Sae? Buruan Sae sendiri adalah sebuah kalimat yang berasal dari bahasa tradisional yang umum dipakai di jawa barat yakni bahasa Sunda. 

Dalam terjemahan bahasa Indonesianya sendiri, Buruan berarti pekarangan. Sae mengandung arti rapi, tertata dan bagus. Hmm jika begitu, apakah buruan sae merupakan pekarangan yang rapi atau pekarangan yang tertata dan bagus?

Menurut pengertian yang terlansir disitus Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, " Buruan Sae adalah sebuah program urban farming terintegrasi yang di galakan oleh dinas pangan dan pertanian (DISPANGTAN) kota Bandung, yang ditujukan untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan yang ada di kota Bandung. melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri". 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa program Buruan sae ini merupakan salah satu program pemerintah dalam menanggulangiketimpangan permasalahan pangan dengan cara berkebun dan berternak.

Berbicara mengenai Buruan Sae, pasti ada daerah yang unggul dalam pengolahan Buruan Sae itu sendiri. Contohnya di salah satu Kelurahan di Kota Bandung, yakni Kelurahan Wates di Kecamatan Bandung Kidul. 

Kelurahan Wates sendiri, mempunyai tujuh Buruan Sae di setiap RW nya. RW 03 Kelurahan Wates adalah salah satu RW yang unggul dalam pengolahan sektor sektor Buruan Sae. Buruan Sae RW 03 Kelurahan Wates terletak dekat kantor RW 03. Buruan Sae RW 03 mempunyai dua lahan yang berdekatan. Lahan – lahan tersebut diisi oleh sektor sektor Buruan Sae sendiri, yakni :

  • Ikan
  • Toga
  • Buah
  • Sayur
  • Ternak
  • Pembibitan 
  • Proses Kompos

Buruan Sae RW 03 di Kelurahan Wates dikelola oleh Mang Sae dan Neng Sae warga setempat yang ditunjuk oleh pihak Kelurahan Wates dan Ketua RW 03. Pengolahan dan Perawatan Buruan Sae oleh Mang Sae dan Neng sae dilakukan setiap hari, dengan jam yang sudah terjadwal. Mengapa terjadwal? tentunya agar pertumbuhan setiap sektor Buruan Sae dapat terkendali.

Adapun Manfaat yang telah dirasakan oleh warga setempat terkait adanya program Buruan Sae, Yakni :

  • Membantu pangan warga setempat dengan ekonomi yang kurang mampu
  • Menjadikan lingkungan ya lebih sehat , dalam kasus pemanfaatan sampah dan menambah penghijauan disekitar
  • Pemanfaatan lahan yang ada, untuk berkebun
  • Penmanfaatkan sayuran maupun ternak untuk dikonsumsi dari Buruan Sae

dokpri
dokpri
Demikian RW 03 Kelurahan Wates yang berhasil dengan Buruan Sae nya , semoga kedepannya akan lebih banyak lagi daerah atau keluarga yang menerapkan program Buruan Sae, Baik satu, dua atau lebih sektor yang diterapkan pasti tetap akan bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan