Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Polda Jateng Kukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas 2020

12 Agustus 2020   22:39 Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:44 90 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Polda Jateng Kukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas 2020
Ilustrasi dokpri

Hotel Quest jalan Plampitan Semarang menjadi saksi bisu sebuah sejarah.  Pagi itu meja bundar kecil dengan kursi-kursi tertata rapi dalam sebuah aula.  

Sebuah panggung telah dihias cantik melengkapi estetika ruamgan,  dengan background  bertuliskan Rakor Pengkajian Polmas dan Pengukuhan Pokdar Kamtibmas wilayah Jawa Tengah.

Panggung itu sepeti sebuah arena yang menjadi pusat perhatian. Dengan hamparan karpet dan hiasan bunga segar  di  bagian depannya.

Kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban memang sangat dibutuhkan. Sebab sebagimana SK Kapolri no831/XI/2005 bahwa masyarakat bukanlah objek hukum.  Melainkan subjek hukum yang punya kewajiban menegakkan hukum hingga  tercipta keamanan dan ketertiban.

Pokdarkamtibmas terbentuk dari rahim Polri dengan pengurus dan anggota dari berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari berbagai tingkatan ekonomi dan sosial,  yang bergerak bersama-sama dengan polri dan pemerintah dalam menjaga dan memelihara harkamtibmas.

Penyerahan Pataka dari Pengurus Pusat kepada Kapolda lalu diserahkan kepada Ketua pokdar Jateng | dokpri
Penyerahan Pataka dari Pengurus Pusat kepada Kapolda lalu diserahkan kepada Ketua pokdar Jateng | dokpri

Kepengurusan secara nasional telah terbentuk secara definitif dengan ketua Heru Riyadi SH.,  MH. dan setelah terbentuk segera melakukan anjangsana ke berbagai propinsi di Indonesia atas mandat dari Kapolri untuk melantik para pengurus pokdar kamtibmas.

Hari rabu,  12 Agustus 2020 adalah hari yang bersejarah bagi Lukman Muhajir SH.,MH. yang dilantik oleh pengurus  pusat dan dikukuhkan oleh Kapolda Jawa Tengah sebagai ketua umum pokdarkamtibmas Jawa Tengah.  

Di saksikan oleh seluruh Kasatbinmas jajaran Polda Jateng dan ketua-ketua pokdar dari berbagai kabupaten kota di Jawa Tengah,  Lukman Muhajir menerima pataka dari  IRWASDA KOMBES Pol MASHUDI.SIK yang mewakili Kapolda Jawa Tengah yang berhalangan hadir,  sebagai simbol akan pengukuhan dirinya secara definitif sebagai pengurus pokdar Jateng.

Ketua Umum Pusat Pokdarkamtibmas Heru Riyadi SH.,MH.  dalam sambutannya menyatakan bahwa kepengurusan pokdarkamtibmas  jawa tengah yang terbentuk harus segera turun ke  daerah-daerah di Jawa Tengah dalam rangka pembentukan pokdarkamtibmas di tingkat resort,  dan nanti di tingkat resort akan membentuk pokdarkamtubmas di tingkat sektor hingga tingkat kelurahan dan rw.

Dalam rakor yang dilaksanakan setelah pelntikan pengurus,  sekjen Pokdarkamtibmas Nasional,  Wibawa Mufti ST,  menyampaikan sejarah pembentukan pokdarkamtibmas yang  dinilai mendesak untuk segera terwujud berdasarkan arahan dari Mabes Polri,  sehingga perlu segera direalisasi dengan penuh tanggung jawab.

Pemateri kedua dari Polda Jawa Tengah,  AKBP Bambang, menyatakan bahwa pokdarkamtibmas bertugas membantu polri dalam tegaknya keamanan dan ketertiban masyarakat seperti mencegah aksi main hakim sendiri,  melaporkan bila ada kejadian luar biasa dengan masyarakat,  bukan dalam rangka menerima kasus penyelidikan sebagaimana  yang  dilakukan petugas Kepolisian.

IRWASDA KOMBES Pol MASHUDI.SIK,  menyatakan kegembiraannya akan terbentuknya pokdarkamtibmas  jawa tengah sebagai mitra polri yang akan terus bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ke depan pihaknya akan terus melakukan pembinaan agar pokdarkamtibmas bisa mengeluarkan energinya secara tulus  membantu meringankan kinerja Polri  paling tidak dalam pemecahan masalah yang kecil yang terjadi dalam masyarakat atau problem  solving.

Bersama ketua pokdar jateng | dokpri
Bersama ketua pokdar jateng | dokpri
Pelantikan dan pengukuhan pengurus Pokdarkamtibmas daerah Jateng dihadiri juga oleh ratusan tamu undangan dari ormas-ormas yang ada di Jawa  Tengah,  antara lain dari KBPP Polri, Pokdar Kamtibmas Tabes Semarang, Pemuda Pancasila, Pemuda Pancamarga, Senkom Jateng , KNPI Jateng, Rapi Jateng, FKPI Jateng, Pemuda Muhamadiyah Jateng, dan Banser Jateng.

VIDEO PILIHAN