Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Masjid Kauman dan Masjid Agung Jawa Tengah, Saksi Bisu Peradaban Islam

30 April 2020   04:48 Diperbarui: 30 April 2020   04:54 89 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Kauman dan Masjid Agung Jawa Tengah,  Saksi Bisu Peradaban Islam
Menara Masjid Kauman | dokpri

Kota Semarang  memiliki dua masjid Agung.  Masjid Agung Johar dan Masjid Agung Jawa Tengah.  Kedua Masjid ini dibuat dalam waktu yang berbeda.  

Menara Masjid Agung Jawa Tengah|dokpri
Menara Masjid Agung Jawa Tengah|dokpri

Masjid Agung Kauman Johar peletakan batu pertama pada tahun 1743 dan 1749 dan Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2006

Masjid Agung Kauman Johar.

Orang-orang menamainya dengan nama masjid Kauman.  Masjid ini dulunya berada di dekat alun-alun Semarang.  Tapi pada masa berikutnya kawasan ini berubah menjadi kawasan bisnis dengan keberadaan pasar Yaik,  pasar Johar dan kawasan Metro Semarang.

Masjid kauman semarang dari arah depan| dokpri
Masjid kauman semarang dari arah depan| dokpri

Masjid Kauman Johar masih berdiri sebagai bangunan lama yang di beberapa titik sudah dilakukan renovasi. Seperti tempat wudhu dan perluasan serambi,  pembuatan menara, penambahan gapura,  serta penataan kawasan parkir di lingkungan masjid.

Masjid Kauman Semarang terlihat dari sisi selatan,  ruangan berwudhu dalam bangunan ini | dokpri
Masjid Kauman Semarang terlihat dari sisi selatan,  ruangan berwudhu dalam bangunan ini | dokpri

Setiap menjelang bulan ramadan,  masjid kauman menjadi pusat pembukaan acara dugeran.  Yang diawali dengan kawasan pasar malam dan karnaval satu minggu sebelumnya.  Dan dipusatkan di masjid Kauman, dilakukan pemukulan bedug oleh Walikota Semarang sebagai tanda awal ramadan di Semarang.

Tiang penyangga berbentuk bulat dan berdiameter cakupan dua orang dewasa seakan melambangkan keagungan masjid, Kauman yang telah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa yang terjadi di Semarang.  

Salah satunya adakah menjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang jamaahnya berani mengumumkan proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Soekarno-Hatta,  pada tanggal 17 Agustus 1945, satu jam setelah teks Proklamasi diperdengarkan melalui siaran radio.

Dalam hal ini seorang jamaah aktif bernama dr. Agu yang telah melakukan pengumuman dicari oleh tentara Jepang dan melarikan diri ke Jakarta,  sampai beliau meninggal di sana .

Dan sebagai penghormatan,  presiden  Soekarno telah datang secara khusus ke Masjid Kauman melakukan pidato.

Masjid Kauman Johar, selain menjadi pusat kegiatan keagamaan juga menjadi pusat budaya yang berurat akar di kota Semarang. Sehingga tradisi memukul bedug di awal ramadan tetap dilakukan oleh walikota Semarang yang saat ini dijabat oleh Hendrar Prihadi, meskipun tanpa kerumunan masa,  karbaval,  dan pasar malam, karena tahun ini berbarengan dengan pandemi.

Siang ini saya mengunjunginya, melihat secara dekat situasi masjid kauman di siang hari bulan ramadan. Banyak orang datang ke Masjid kauman Semarang.  Mereka adalah para pekerja lepas yang mengadu nasib di Semarang.

Suasana waktu zduhur yang sepi karena di masa pandemi Masjid kauman tidak menyelenggarakan sholat jamaah | dokpri
Suasana waktu zduhur yang sepi karena di masa pandemi Masjid kauman tidak menyelenggarakan sholat jamaah | dokpri

Ada yang sedang rebahan dan ada juga yang melakukan amalan infiradi,  i'tikaf di dalam masjid.  Menurut seorang pengurus, Masjid Kauman tetap melakukan azan setiap masuk waktu sholat,  tapi tidak menyelenggarakan sholat jamaah di masa pandemi seperti sekarang ini.  

Masjid kauman juga tidak mengadakan acara buka bersama seoerti biasanya untuk tegaknya social distancing.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid ini dimulai pembangunannya pada tahun 2001 dan diresmikan oleh presiden SBY pada tahun 2006.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x