Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Youtube Akan Memperbarui Persyaratan Tanggal 10 Desember 2019

8 November 2019   04:01 Diperbarui: 8 November 2019   04:06 0 2 1 Mohon Tunggu...
Youtube Akan Memperbarui Persyaratan Tanggal 10 Desember 2019
Sumber: screnshoot https://www.youtube.com/t/terms?preview=20191210#main

Youtuber istilah pengguna youtube yang aktif upload video dan menghasilkan uang jika sudah diterima pada program monetisasi. Pasti sudah banyak yang mendapat email pemberitahuan tentang persyaratan layanan terbaru youtube yang akan diberlakukan mulai tanggal 10 Desember 2019 yang bisa anda baca DISINI.

Sekilas layanan baru ini memuat tentang kebijakan hak cipta, kebijakan keaman serta kebijakan beriklan. Dan dijelaskan pula tentang yang dapat menggunakan layanan ini dan perubahan yang dilakukan tentang persyaratan usia, izin orang tua, bisnis dan untuk detailnya baca sendiri ya.

Banyak sekali pengguna youtube di Indonesia baik yang upload, hobi dan mencari pendapatan, termasuk artis juga banyak sekali yang mencari pendapatan di Youtube. Memang tidak seperti tahun 2016 dahulu untuk daftar diterima monetisasi youtube yang hanya dengan 1.000 view sudah diterima. 

Akhir-akhir ini untuk bisa daftar wajib sudah 4.000 jam dan 1.000 subscribe baru ditinjau dan dinyatakan diterima atau ditolak. 

Antrian peninjauan juga lama banget, pengalaman saya sendiri ditinjau mulai Februari 2019 baru diterima bulan Agustus 2019, tujuh bulan. Beda dengan dulu yang hanya tiga sampai tujuh hari sudah dapat email balasan entah itu diterima atau ditolak.

Dengan adanya aturan baru yang akan diterapkan ini pasti membuat youtuber deg degan, termasuk saya. Pendapatan dari youtube memang lumayan bagi yang aktif upload dan kontennya bagus. Untuk pembayaran dari hasil youtube dimulai tanggal 21, akan tetapi hasil yang kita peroleh sudah dapat diketahui mulai tanggal 11. 

Beda juga dengan pendapatan adsense blogger yang sudah diketahui mulai tanggal 1. Memang adanya email pemberitahuan ini pasti membuat jantung youtuber juga berdetak lebih kencang karena biasanya di akhir tahun ada istilah gelombang banned akun youtube yang potensi melanggar aturannya sudah banyak. 

Semoga dengan adanya aturan layanan youtube yang baru ini bisa menguntungkan youtuber original bukan asal copy paste edit dan upload. Jadi kreator yang original dan kreatif agar pendapatan anda awet dan barokah hehe. Semoga bermanfaat bagi teman youtuber Indonesia dan selalu berkreasi.