Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Karir

Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik

7 November 2019   01:52 Diperbarui: 7 November 2019   02:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Sertifikat Pendidik (dok. Pribadi)

Sertifikat pendidik dipegang oleh guru yang profesional, yang sudah lolos syarat untuk mendapatkannya. Bagi guru yang sudah mempunyai sertifikat pendidik mendapat tunjangan profesi guru sebesar gaji pokok. 

Kabar terbaru dari pendaftaran cpns 2019 sertifikat pendidik juga mendapat nilai maksimal untuk tes seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Guru mana yang tidak ingin mendapatkan sertifikat pendidik, sekarang kita kupas cara mendapatkatkan sertifikat pendidik.

1. Program PPG Dalam Jabatan Guru Kemendikbud

Program PPG (Sumber: screenshot gtk.belajar.kemdikbud.go.id)
Program PPG (Sumber: screenshot gtk.belajar.kemdikbud.go.id)
Melalu Program PPG Dalam Jabatan yang diselenggaran oleh Kemendikbud pada guru dibawah naungannya, yaitu guru tetap pns, guru tetap non pns dan guru tetap yayasan. 

Cara daftar melalui akun sim pkb, dimana setiap guru yang memenuhi syarat bisa daftar pada akun sim pkb masing-masing. Jika dinyatakan lolos syaratnya maka guru wajib upload syarat berupa ijasah sarjana, sk awal dan sk akhir. 

Guru menunggu daribadmin LPMP apakah syaratnya diterima atau tidak menjadi calon peserta pretes. Setelah dinyatakan lolos admunistrasi jadi peserta pretes maka guru tersebut wajib mengikuti pretes dengan waktu dan lokasi yang telah ditentukan. 

Pretes ini juga menggunakan nilai maksimal untuk kelulusannya, setelah lulus maka guru wajib pemberkasan dan mengikuti Diklat PPG selama enam bulan. Setelah lulus diklat PPG baru guru tersebut menyandang guru profesional dengan menerima sertifikat Pendidik.

2. Program PPG Dalam Jabatan Guru Kemenag

PPG Kemenag (sumber: screenshot padamu.siap.web.id
PPG Kemenag (sumber: screenshot padamu.siap.web.id
 Program PPG Dalam jabatan untuk guru kemenag ini tidak jauh beda dengan Program PPG Guru Kemendikbud. Pola penjaringan peserta juga sama, melalui akun simpati guru masing-masing. Uoload syaratnya dan mengikuti pretes ppg. Mengikuti diklat ppg selama enam bulan dan jika dinyatakan lolos guru tersebut juga mendapatkan sertifikat pendidik.

3. PPG Mandiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2