Mohon tunggu...
Kang Mamuk
Kang Mamuk Mohon Tunggu... Healthpreneur... Penulis..

Berbagi Ilmu.. Berbagi Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Membangun Keperawatan Melalui Komite Keperawatan

20 Februari 2020   09:45 Diperbarui: 20 Februari 2020   12:20 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Keperawatan Melalui Komite Keperawatan
sbtc-training-5e4e14a2d541df0b9f3caf22.jpg

Ketika perubahan merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan, mau tidak mau harus dijalankan. Tidak mudah memang merubah sesuatu apalagi merubah suatu kegiatan yang berhubungan dengan banyak individu.

Perubahan kegiatan dalam organisasi tidaklah sesederhana seperti makan mie instan. Banyak penolakan dan hambatan, termasuk konflik yang menyertainya. Namun berkat kerjasama semua pihak perubahan akan mudah terwujud. begitu juga dalam dunia keperawatan terkhusus keperawatan di rumah sakit, sehubungan ditetapkannya peraturan yang baru tentang undang undang keperawatan, peraturan akreditasi dan peraturan lain menuntut perubahan secara signifikan agar sesuai aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Komite keperawatan sebagai ujung tombak profesi keperawatan di rumah sakit mempunyai peranan penting dalam standarisasi pelayanan keperawatan termasuk meningkatkan mutu keperawatan. profesi perawat dituntut harus mampu mengembangkan pelayanan keperawatan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

Proses standarisasi dan peningkatan kualitas keperawatan yang dilakukan komite keperawatan dimulai dari proses kredensialing tenaga keperawatan, pengawasan mutu dan etik keperawatan.

Menurut Masmuhul Khoir selaku ketua komite keperawatan RSUD Bangil, Hampir 100% perawat RSUD Bangil sudah dilakukan peroses kredensialing dan Alhamdulillah proses dapat dijalankan dengan lancar. Memang tidak mudah awal mula menjalankan kredensial karena merupakan hal baru, namun berkat kerjasama semua fihak semua proses bisa dilalui. 

Selain kredensial, pengawasan dan peningkatan mutu keperawatan pun sudah dijalankan. Mulai dari pembentukan aturan, panduan dan SPO sampai sistem pelaporan. Program mutu keperawatan terdiri dari pembuatan SPO, OPPE, Audit keperawatan, dan pendidikan berkelanjutan bagi perawat.

Sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keahlian perawat komite keperawatan RSUD Bangil membuat program seminar dan workshop, dimana program itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 sampai sekarang. Semoga semua program keperawatan terutama di RSUD Bangil dapat berjalan dan terus meningkat sehingga pelayanan keperawatan.

Pengembangan profesi keperawatan sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh komite keperawatan saja termasuk yang berkontribusi dalam membangun keperawatan terutama di rumah sakit adalah manajemen bidang keperawatan dan PPNI Korwil di rumah sakit. Jika semua unsur keperawatan baik komite, bidang, PPNI, dan seluruh anggota perawat bersatu dan saling bekerjasama untuk mengembangkan profesi keperawatan maka semua yang di cita citakan dan diimpikan oleh perawat akan terwujud.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x