Mohon tunggu...
Ahmad Indra
Ahmad Indra Mohon Tunggu... Swasta

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Jelang MotoGP Jerez, Quartararo Tercepat, Insiden Honda-Suzuki di Free Practise

19 Juli 2020   07:01 Diperbarui: 19 Juli 2020   09:56 83 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jelang MotoGP Jerez, Quartararo Tercepat, Insiden Honda-Suzuki di Free Practise
Pebalap Petronas SRT, Fabio Quartararo | Motogp.com

Fabio Quartararo mengukuhkan diri sebagai pebalap tercepat pada sesi kualifikasi jelang balap perdana kelas MotoGP di sirkuit Jerez (19/07). 

Yamaha Siap Mengancam

Quartararo yang merupakan pebalap satelit Yamaha itu mencatat waktu 1'36.705, mengungguli best race record kampiun Jerez tahun lalu, Marc Marquez yang hanya menorehkan waktu 1'38.051. 

Hal ini menjadi sinyalemen bahwa dirinya masih menjadi rival potensial terutama bagi Marquez dalam memperebutkan posisi terdepan. Pantas saja Yamaha kesengsem dan menggaetnya ke tim pabrikan pada 2021 - 2022 mendatang.

Sebelumnya, pebalap 21 tahun itu dinyatakan bersalah karena menggunakan komponen ilegal pada Yamaha R1-nya saat menjalani latihan di Sirkuit Paul Ricard, Perancis. Alhasil, panitia memotong durasi latihannya di free practise 1 sebanyak 20 menit. Meski begitu, tetap saja dia menjadi yang tercepat di kualifikasi.

Di posisi start ke dua tampil pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales. Hanya berselisih 0.109 detik dari Quartararo, Vinales nampaknya ingin kembali mengulangi kesuksesannya di 2019 yang berhasil menapaki podium. Tentu tahun ini dia tak hanya menargetkan podium ke-3 namun menjadi juara.

Sementara itu Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez hanya menempatkan diri di starting grid ke tiga setelah sempat tampil tercepat di sesi free practice 1 dan 4. 

Insiden Honda - Suzuki

Sesi free practise ke-3 diwarnai insiden yang melibatkan Marc Marquez dan pebalap Suzuki, Alex Rins. Rins terlihat kesal dengan mengangkat tangan kiri dan memukul tangki motornya saat di-overtake Marquez di salah satu tikungan.

Insiden itu mengundang perhatian FIM-steward untuk menginvestigasinya. Namun dalam rilisnya di MotoGP.com, diputuskan bahwa insiden itu tak akan ditindaklanjuti setelah dilakukan review.

Hal itu membuat manager Suzuki Ecstar, Davide Brivio kecewa. Menurutnya, Marquez seharusnya melambatkan laju motornya sebab sebelum insiden itu marshall telah melambaikan bendera kuning. Brivio pun beranggapan bahwa the Baby Alien dengan sengaja menghalangi laju Rins.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x