Mohon tunggu...
Ahmad Indra
Ahmad Indra Mohon Tunggu... Swasta

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

GP Australia: Start ke-400 Rossi, Apesnya Vinales dan Kejutan Aprilia

27 Oktober 2019   21:14 Diperbarui: 28 Oktober 2019   12:42 0 2 0 Mohon Tunggu...
GP Australia: Start ke-400 Rossi, Apesnya Vinales dan Kejutan Aprilia
Foto: yamahamotogp.com

Maverick Vinales menjadi pebalap paling tak beruntung pada race di Philips Island Australia siang tadi. Berhasil membendung manuver juara dunia Motogp, Marc Marquez hingga setengah lap jelang akhir race, Vinales justru harus mengakhiri balap dengan terjungkal di aspal sirkuit. 

Agresivitas pebalap Monster Energy Yamaha itu sudah terlihat dari dominasinya di free practice. Pada seri tanpa kualifikasi itu, dia pun berhasil menyabet pole position, mematahkan rekor Marquez yang menguasai starting grid pertama selama 5 tahun berturut-turut semenjak 2014.

Momen istimewa Rossi 

Race kali ini menjadi momen spesial bagi pebalap paling gaek di Motogp, Valentino Rossi. Sirkuit dengan karakter stop and go ini menjadi saksi bagi Rossi yang menjalani race ke-400-nya.

Dan momen itu nampaknya tak ingin disia-siakan the Doctor. Selepas start, sang italiano langsung ngacir ke depan dan memimpin lomba selama beberapa lap. 

Lap pertama diwarnai jatuhnya 2 pebalap sekaligus, Danillo Petrucci (Mission Winnow Ducati) dan sang rookie of the year, Fabio Quartararo (Petronas SRT Yamaha). Petrucci yang sejatinya memiliki misi untuk menguasai posisi ke-3 klasemen akhir, harus rela kehilangan poin dari seri ini.

Saat race ini dimulai, Petrux masih berada di posisi ke-5 klasemen di bawah Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang berada di posisi ke-3 serta Maverick Vinales yang sama-sama mengemas 176 poin dengannya dan menempati posisi ke-4. 

Vinales menjadi salah satu pebalap yang dinominasikan untuk kembali menguasai sirkuit tahun ini selain Marquez yang memenangi race pada tahun 2017 dan Cal Crutchlow yang menjadi kampiun di 2016.

Namun sayang, kansnya mengulangi kegemilangan tahun 2018 pupus setelah dirinya terjungkal saat berusaha merebut kembali posisi pertama dari Marquez yang berhasil menyalipnya di lap terakhir.

Bukan saja kehilangan poin, gap poin Vinales dan Rins kembali melebar dan dia dipaksa menjauh dari perebutan posisi ke-3 klasemen.

Saling Susul Yamaha, Suzuki dan Ducati 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2